Biografi Ka.kanwil

Biografi Ka.Kanwil

398 dilihat

Profile Kepala Kantor Kementerian Agama Provinsi Bali

I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag, lahir di Kutut, 29 Maret 1961 sekarang beralamatkan di Perumahan Dinas Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali Jalan Merak, Gang Ratna No. 6 Denpasar. Beliau menjalani kehidupan bersama seorang istri pilihannya bernama Ketut Suarni dan dikaruniai anak 3 (tiga) orang terdiri dari 2 (dua) orang anak Perempuan dan 1 (satu) orang anak Laki laki yaitu Putu Nila Ayu Lestari, Kadek Anggraeni, dan NN Mas Gandu Danu. Beliau menempuh pendidikan mulai tingkat dasar, SD, SMP, PGAHN, Sarjana S1 di STKIP dan S2 di STAH. Sejak 10 Oktober tahun 2016 beliau menjabat sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali yang dilantik secara resmi oleh Menteri Agama RI.

Jabatan penting yang pernah dipegang oleh Bapak I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag, yaitu sebagai Kasubsi Seksi Pendidikan Agama Hindu Kantor Dep. Agama Kab. Jembrana, Kasubsi Seksi Urusan Agama Hindu Kantor Dep. Agama Kab. Jembrana, Kepala Seksi Urusan Agama Hindu Dep. Agama Kab. Badung, Kepala Sub. Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Badung, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Buleleng, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jembrana, Kepala Bidang Urusan Agama Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali dan sekarang sebagai Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

Dibawah kepemimpinannya, Bapak I Nyoman Lastra mengusung konsep kerja sama dimana kita sebagai team work dalam usaha bersama memajukan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Selain itu pula, beliau mengharapkan kepada seluruh pegawai di lingkungan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali serius namun tetap santai dalam bekerja. Adanya lima  budaya kerja Kementerian Agama yaitu Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tanggung Jawab, dan Keteladanan yang ada harus ditanamkan dan di implementasikan betul dalam bekerja sehari-hari bukan hanya slogan atau motto semata. Selain itu pula, program yang diusung beliau yaitu bahwa kita Kementerian Agama Provinsi Bali mengemban 7 kegiatan prioritas yang mengacu pada upaya pencapaian tujuan Kementerian Agama, mencakup 7 (tujuh) hal, yaitu: (1) Peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama; (2) Peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama; (3)Peningkatan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan; (4) Peningkatan kualitas kerukunan umat beragama; (5) Peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah; (6) Peningkatan dan pemerataan akses dan mutu pendidikan agama dan pendidikan keagamaan; dan (7) Peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

Beliau juga mengemukakan bahwa kita perlu bekerja dengan mematuhi aturan yang berlaku namun, aturan tersebut jangan dijalani secara baku dan kaku, namun dijalankan secara fleksibel. Jangan mempersulit jika dapat dipermudah dan jangan diperlambat jika bisa dipercepat. Prestasi dan hasil kerja yang baik dari Kepala Kantor Wilayah yang terdahulu harus tetap dipertahankan. Beliau menyampaikan bahwa dalam kepemimpinannya bukan menjadi lebih baik tetapi tetap baik dimana beliau beragnggapan bahwa selama ini Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali telah cukup baik jika mengatakan kedepan lebih baik, itu berarti secara tidak langsung mengatakan bahwa kepemimpinan yang terdahulu kurang baik.