Sejarah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung

Kabupaten Badung, satu dari delapan kabupaten dan satu kota di Bali. Secara fisik mempunyai bentuk unik menyerupai sebilah “keris”, yang merupakan senjata khas masyarakat Bali. Keunikan ini kemudian diangkat menjadi lambang daerah yang merupakan simbol semangat dan jiwa ksatria yang sangat erat hubungannya dengan perjalanan historis wilayah ini, yakni peristiwa “Puputan Badung”. Semangat ini pula yang kemudian melandasi motto Kabupaten Badung yaitu “Cura Dharma Raksaka” yang artinya Kewajiban Pemerintah adalah untuk melindungi kebenaran dan rakyatnya.

Terletak pada posisi 08o14,17” – 08o50,57” Lintang Selatan dan 115o05,02” – 115o15,09” Bujur Timur, membentang di tengah-tengah Pulau Bali. Mempunyai wilayah seluas 418,52 km2 ( 7,43% luas Pulau Bali ), Bagian utara daerah ini merupakan daerah pegunungan, yang berbatasan langsung dengan kabupaten Buleleng, sedangkan dibagian selatan merupakan dataran rendah berbatasan langsung dengan samudera indonesia. Bagian tengah merupakan daerah persawahan yang berbatasan dengan Kabupaten Gianyar, kota Denpasar disebelah Timur dan bagia Barat berbatasan dengan kabupaten Tabanan. . (paragraf baru) Secara administratif, Kabupaten Badung terbagi menjadi 6 ( enam ) wilayah Kecamatan yang terbentang dari bagian Utara ke Selatan yaitu Kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi, Kuta, Kuta Utara, & Kuta Selatan. Disamping itu diwilayah ini juga terdapat 16 Kelurahan, 46 Desa, 369 Banjar Dinas, 164 Lingkungan 8 Banjar Dinas Persiapan dan 8 Lingkungan.

Selain Lembaga Pemerintahan seperti di atas, di Kabupaten Badung juga terdapat Lembaga Adat yang terdiri dari 120 Desa Adat, 523 Banjar dan 523 Sekaa Teruna. Di Kabupaten Badung juga terdapat 1 BPLA Kabupaten dan 6 BPLA Kecamatan serta 1 Widyasabha Kabupaten dan 6 Widyasabha Kecamatan. (paragraf baru) Lembaga – lembaga adat ini memiliki peran yang sangat strategis dalam pembangunan diwilayah Badung pada khususnya dan Bali pada umumnya, karen masyarakat bali terikat dalam suatu aturan adat yang disebut awig – awig. Banyak program yang dicanangkan Pemerintah berhasil dilaksanakan dengan baik didaerah ini, berkat keterlibatan dan peran serta lembaga adat yang ada, Termasuk kementerian agama Kabupaten Badung untuk mencapai Kondisi umum pembangunan Bidang Agama dan Bidang Pendidikan dalam kurun waktu lima tahun yang mengacu pada upaya pencapaian tujuan Kementerian Agama yang mencakup 7 (tujuh) hal, yaitu: (1) Peningkatan kualitas pemahaman dan pengamalan ajaran agama; (2) Peningkatan kualitas pelayanan kehidupan beragama; (3) Peningkatan pemanfaatan dan kualitas pengelolaan potensi ekonomi keagamaan; (4) Peningkatan kualitas kerukunan umat beragama; (5) Peningkatan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah; (6) Peningkatan dan pemerataan akses dan mutu pendidikan agama dan pendidikan keagamaan; dan (7) Peningkatan kualitas tatakelola pembangunan bidang agama.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar