PAH Non PNS Kemenag Badung Mengisi SAPA

PAH Non PNS Kemenag Badung Mengisi SAPA

(Senin, 13 Januari 2020) Bertempat di ruang lobby Sub. Bagian Umum Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali, Penyuluh Agama Hindu an. Komang Pusparani bertugas mengisi "Sapa Penyuluh Agama Hindu" dengan tema "Siwaratri"
Siwaratri merupakan hari suci umat Hindu yang senantiasa diperingati setahun sekali tepatnya pada Purwaning Tilem Kapitu dengan melaksanakan Brata Siwaratri yakni Jagra, Upawasa dan Monobrata yang didasarkan atas cerita Lubdaka.
Terdapat Tiga tingkatan dalam pelaksanaan Brata Siwaratri yaitu Nista, Madya dan Utama. Ketiga tingkatan brata siwaratri tersebut dapat diimplementasikan sesuai dengan kemampuan setiap orang tanpa adanya beban ataupun paksaan dari orang lain. Maka dengan demikian setiap orang hendaknya melaksanakan brata Siwaratri dengan keheningan hati atau atmanastuti.
Kesimpulannya adalah bahwa esensi dari Siwaratri seperti yang terdapat di dalam sebuah wirama totaka dalam kakawin arjunawiwaha :
"Sasi wimba haneng gata, mesi banyu.
Ndanasing suci nirmala, mesi Wulan.
Iwa mangkana, rakwa kiteng kadadin.
Ringangambeki yoga, kiteng sekala."
Yang mempunyai arti, Seperti bayangan bulan yang terlihat pada priuk (tempat air), yang berisi air. Tetapi hanya pada air yang bersih tanpa kotoran saja bayangan bulan itu akan nampak. Seperti itulah Tuhan dalam kehidupan ini. Hanya pada manusia yang taat melaksanakan yoga Tuhan itu akan menunjukkan diriNya secara nyata. Secara sederhana, orang yang mampu melaksanakan brata Siwaratri dengan baik sesuai nilai filosofis teologis yang terkandung didalamnya, maka sesungguhnya setiap orang akan mampu melihat kedalam melalui perenungan pada hakekat sang Diri.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar