PERSIAPKAN VIHARA MENYAMBUT ERA NEW NORMAL SOSIALISASI SE MENAG No. 15 TAHUN 2020

PERSIAPKAN VIHARA MENYAMBUT ERA NEW NORMAL SOSIALISASI SE MENAG No. 15 TAHUN 2020

Sabtu, 20 Juni 2020 Bertempat di vihara Buddha Guna, Komplek Puja Mandala Pembimas Buddha melakukan kunjungan untuk menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Keagamaan di Rumah Ibadah Masyarakat Produktif dan Aman Covid di Masa Pandemi. Pembimas Buddha Suliarna, S.Ag, M.Pd di dampingi Penyelenggara Buddha Gino, S.Ag. menyampaikan pokok-pokok yang menjadi kewajiban dan ketentuan bagi pengurus vihara yang akan menyelenggarakan kegiatan keagamaan secara kolektif. Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Dayaka Sabha Vihara Buddha Guna Mahayani permana serta beberapa pengurus inti, untuk mengikuti agenda sosialisasi dari Kementerian Agama  sekaligus bersambung rasa dengan Pembimas Kanwil Kemenag Prop. Bali

Pada kesempatan tersebut Pembimas Buddha selain melakukan sosialisasi beliau ingin sekaligus bertatap muka dengan pengurus vihara dan mengetahui suasana terkini vihara-vihara di Bali. Ini  merupakan serangkaian kunjungan yang dilakukan ke Kabupaten/ Kota, untuk melakukan pengecekan kesiapan vihara dalam penyediaan sarana pendukung protokol kesehatan dengan ketersediaan tempat cuci tangan,Handsanitizer, desinfektan, publick campaign pencegahan covid 19 dan protap lainnya dalam pelaksanaan puja bakti bersama sesuai dengan ketentuan Surat Edaran Menteri Agama. Pada kesempatan tersebut disampaikan pula bagi penerima bantuan dari kementerian agama diperkenankan untuk membelanjakan bantuannya untuk sarana pendukung penanganan covid 19 seperti pembelian Handsanitizer, pengadaan sarana cuci tangan, desinfektan dan keperluan pendukung lainnya maksimal 10% dari jumlah bantuan, sesuai Surat Edaran Dirjen Bimas Buddha Nomor 9 tahun 2020. Penekanan disampaikan oleh pembimas adalah utamakan protokol kesehatan, pola hidup besih, serta selalu berkoordinasi dengan pemerintah setempat dalam setiap pelaksanaan kegiatan sebagai implementasi dari kerukunan antara umat beragama dengan pemerintah.

Dalam laporannya ketua vihara Buddha guna juga menyampaikan pelaksanaan penyaluran bantuan berupa kebutuhan pokok menjelang waisak, pelaksanaan upacara waisak  dan rencana kegiatan sosial serupa yang akan dilakukan secara berkala pada Bulan berikutnya setiap tiga bulan kepada umat. Beliau juga tetap mengagendakan perayaan hari besar keagamaan tetap menjaga protocol kesehatan yang akan segera disusun adalah pelaksanaan Kathina.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar