Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Kemenag di Kantor Kemenag Kabupaten Badung.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Bidang CPNS Kemenag  di Kantor Kemenag Kabupaten Badung.

Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat total ada 84 instansi yang melaksanakan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tahun formasi 2019. Kementerian Agama salah satu instansi dengan satker dan formasi CPNS terbanyak mulai melaksanakan SKB mulai tanggal 14 Sepember kemarin. SKB  untuk Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) formasi 2019 di lingkungan Kementerian Agama (Kemenag) dilaksanakan setelah sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

Plt. Kasubag TU Kantor Kemenag Kabupaten Badung Gino, S.Ag mengatakan, untuk pelaksanan SKB CPNS Kemenag untuk  Kabupaten Badung diselenggarakan secara online di Aula Kantor Kemenag Kabupaten Badung. “Ini adalah even nasional. Kita (Kantor Kemenag Kabupaten Badung) hanya panitia lokal yang menyediakan tempat saja,” kata Gino ketika ditemui di sela-sela kegiatan, Senin (14/9/2020).

“Sebenarnya SKB CPNS tahap kedua ini seharusnya dilaksanakan pada bulan Mei, tetapi karena situasi pandemi jadi tertunda. Sehingga baru sekarang bisa dilaksanakan dan pelaksanaannya pun secara online,” jelas Gino.

Untuk menunjang kegiatan SKB CPNS ini, dia memaparkan, Kantor Kemenag Kabupaten Badung  dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang cukup memadai, seperti ketersediaan laptop, jaringan internet, dan ruangan yang representatif. Sehingga, imbuh Gino, diharapkan kegiatan ini dapat terselenggara dengan lancar.

“Total peserta yang mengikuti SKB di Kantor Kemenag Kabupaten Badung ini ada 18 peserta yang berdomisili di Kabupaten Badung. Mereka mengikuti SKB disini  berdasarkan tempat tinggal atau domisili. Jadi Kabupaten Badung ini lokasi ujiannya jadi satu” paparnya.

Sementara itu Analis Kepegawaian Kemenag Kabupaten Badung sekaligus panita lokal, Ida Bagus Putra Wiadnyana, ST, M.PdH memaparkan, formasi CPNS yang mengikuti SKB disini berasal Kanwil Kemenag Prov. Bali, IHDN Denpasar, STAHN Mpu Kuturan Buleleng, Balai Diklat Keagamaan Denpasar, dan bahkan ada formasi di luar Bali seperti Kanwil Kemenag Prov. DKI dan Dirjen Bimas Hindu Jakarta.

“Kita di sini hanya melayani berdasarkan domisili saja. Jadi tahapannya itu, untuk tanggal 14 sampai 17 (September 2020) adalah ujian praktek, tanggal 18 psikotes, dan tanggal 19 sampai 20 tes wawancara. Untuk tim pengujinya itu dari masing-masing formasi tujuan peserta, seperti contohnya kalau untuk formasi di IHDN maka pengujinya dari IHDN, kalau formasi Kemenag maka pengujinya dari Kemenag,” papar Ida Bagus Putra.

Pelaksanaan SKB hari pertama (14/09/2020) sempat ditinjau oleh Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Badung,  Drs. I Gusti Agung Gede Manguningrat, M.Ag. Dan sempat melakukan bincang-bincang dengan beberapa peserta. Dan mengingatkan untuk mempersiapkan diri baik secara fisik dan mental untuk menghadapi SKB kali ini. Juga harus mengikuti protap kesehatan pencegahan Covid 19, seperti pemakain masker dan faceshield, mencuci tangan dengan sabun, dan melakukan pengecekan suhu sebelum memasuki ruang ujian.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar