Webinar Penguatan Moderasi Beragama

Webinar Penguatan Moderasi Beragama

Jumat 11 Desember 2020, Kementerian Agama Kab.Badung menyelenggarakan Webinar via Zoom yang di ikuti oleh Guru - Guru serta Siswa - Siswi yang beragama Buddha. Dalan Webinar ini turut mengundang I Komang Giriyasa selaku Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Badung dan Gino sebagai Penyelenggara Buddha Kementerian Agama Kab. Badung sebagai Pembicara. Webinar yang dimoderatori oleh Ririn Dwi Lestari ini mengusung tema Penguatan Moderasi Beragama. 

Dalam kesempatan ini Giriyasa menyampaikan moderasi yang berarti tidak berlebih-lebihan atau berarti sedang, tidak kelebihan dan tidak kekurangan, moderasi beragama secara merujuk pada sikap mengurangi kekerasan, atau menghindari keekstreman dalam praktik beragama. Kita membutuhkan visi dan solusi yang dapat menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam menjalankan kehidupan keagamaan, yakni dengan mengedepankan moderasi beragama, menghargai keragaman tafsir, serta tidak terjebak pada ekstremisme, intoleransi, dan tindak kekerasan.

Gino dalam kesempatannya menyampaikan sebagai umat Buddha memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga dan menguatkan kerukunan kehidupan beragama, kita tidak boleh berfikir sempit dan Konservatif, eksklusif karena kita bangsa yang majemuk, Pemikiran Konservatif hanya akan membawa mental tertutup dan menganggap kelompoknya paling benar, sehingga beranggapan pemikiran kelompoknya paling sempurna, Ketika pemahaman seperti ini mengakar yang terjadi adalah pemikiran tersebut kehilangan kesempatan untuk berkembang dan akhirnya berujung pada pribadi yang anti kritik, sehingga penting untuk kita menjadi pribadi yang moderat, inklusif dan terbuka.   agar dapat berkembang secara pribadi dan kelompok kearah yang lebih baik ungkap Gino.

Webinar ini dimulai Pukul 08.00 Pagi dan selesai pukul 10.30 WITA, Peserta yang hadir cukup antusias yakni berjumlah kurang lebih 90 orang dan melebihi kapasitas yang di tentukan dalam Webinar, Meskipun terdapat beberapa kendala teknis seperti jaringan namun acara ini dapat dilaksanakan dengan baik.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar