Kunker ke PA Badung terkait Komitmen Kerjasama

Kunker ke PA Badung terkait Komitmen Kerjasama

Pada hari Selasa siang tanggal 30 Maret 2021 dilaksanakan kunjungan kerja sekaligus silaturrahim dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung ke Pengadilan Agama Kabupaten Badung. Kunjungan diterima langsung oleh Ketua PA Badung (Bapak H. Awaluddin,S.H.I,M.H), Wakil Ketua  PA (Ibu Umu Hafidzah,MH), Panitera (Sofian, SH) dan beberapa pegawai yang ada saat itu. Sementara dari pihak Kementerian Agama Kabupaten Badung terdiri dari Kasi Bimas Islam (Amron Sudarmato, S.Pd.M.A), Kepala KUA Kec. Kuta (H. Syamsul Arifin, S.Ag, M.AP), Kepala KUA Kec. Mengwi (H. Kusnadi Abillah, S.HI, M.Pd.I), Kepala KUA Kec. Petang (H. Abdul Munir, S.Ag) dan Staf Seksi Bimas Islam.

Dalam sambutan awal Kasi Bimas Islam menyampaikan bahwa pada saat ini Kantor Kementerian Agama Kabupaten Badung sedang ditunjuk sebagai salah satu pilot project Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) mewakili Kementerian Agama. Selain itu juga disampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat Kementerian Agama Kabupaten Badung telah melounching Pelayanan Online berbasis Web yang diawahi melalui PUSPA (Pusat Pelayanan Agama)Kemenag Badung, terdiri dari 7 (tujuh) layanan Inovasi antara lain: Sidumanik, Simphoni, Simphoni, Viola, Pesona, Smes, Jemput Dilan, Sicantik.

Untuk menunjang Pembangunan ZI tersebut diperlukanlah koordinasi dan kerja sama lintas sektoral dengan beberapa lembaga/instansi. Dalam kegiatan ini juga dijadikan sebagai ajang tukar informasi dan curhat berbagai problematika yang dihadapi oleh KUA dalam memberikan berbagai pelayanan di masyarakat.

Dalam kesempatan ini Awaluddin selaku Ketua PA Badung juga menyampaikan terima kasih atas kunjungan yang dilakukan oleh Tim Kemenag Kab. Badung , dan menyambut baik maksud dan tujuan yang disampaikan oleh pihak Kemenag Kab. Badung. Ada beberapa permasalahan yang dihadapi oleh KUA pasca adanya Putusan Peradilan bisa saja terjadi karena  adanya regulasi yang berbeda yang digunakan antara Kementerian Agama dan Pengadilan Agama. Inilah pentingnya dikomunikasikan lintas instansi sehingga terbangun kesepemahaman dalam memberikan pelayanan, sambung Awaluddin.

Diharapkan dari pertemuan silaturrahim kali ini bukan menjadi pertemuan yang terakhir tapi menjadi awal terbangunnya komunikasi yang transparan dan kerjasama yang lebih intensif lagi. Setelah diadakannya kunjungan ini juga telah disepakati akan terus dibangun kerjasama dalam sebuah MoU yang mencakup hal:

1.   Penyampaian setiap produk peradilan (Istbat Nikah, Putusan Perceraian/Talak, Dispensasi Nikah) sesegera mungkin ke pihak KUA secara online.

2.  Kerjasama dalam hal pembinaan Calon Pengantin dalam rangka menurunkan kasus perceraian dan meminimalisir terjadinya pernikahan di bawah usia nikah.

3.    Pengiriman data perceraian berbasis KTP Badung ke masing-masing KUA yang menikahkan secara rutin setiap bulan.

Kegiatan silaturrahim ini berjalan lancar dengan penuh keakraban dan diakhiri dengan foto bersama para pegawai di depan PTSP PA Badung.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar