Sosialisasi SE Menag No. 15 Tahun 2021

Sosialisasi SE Menag No. 15 Tahun 2021

Kantor Kementerian Agama Kab. Badung melakukan sosialisasi Surat Edaran Menteri Agama Nomor 15 Tahun 2021 tentang Penerapan Prokes Dalam Penyelenggaraan salat Idul Adha dan Pelaksanaan Kurban yang dilaksanakan di KUA Kec. Kuta Senin (28/6/2021).

Demi menekan lajunya perkembangan kasus penyebaran Covid-19 jelang perayaan Idul Adha 1442 H/2021 M, Sosialisasi yang dilakukan di KUA Kec. Kuta ini disampaikan secara terperinci oleh Kepala KUA Syamsul Arifin.

Syamsul Arifin menjelaskan bahwa surat edaran ini dimaksudkan sebagai bagian dari panduan untuk pencegahan, pengendalian dan memutus mata rantai penyebaran Covid sehingga masyarakat dapat terlindungi.

Selanjutnya beliau menjelaskan 3 poin utama SE Menag tersebut, yang pertama, takbiran boleh dilaksanakan di masjid dan musala maksimal 10% dari kapasitas masjid dan musala dengan ketentuan penerapan prokes ketat memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Yang kedua, terkait dengan salat Idul Adha, untuk zona merah maupun zona oranye ditiadakan, di luar zona merah dan oranye dibolehkan untuk mengadakan salat Idul Adha pada daerah yang dinyatakan aman Covid-19 berdasarkan penetapan pemerintah daerah dan satker penanganan Covid-19.

Yang Ketiga, pelaksanaan kurban, waktu penyembelihan berlangsung dalam waktu 3 hari, tanggal 11, 12 dan 13 Zulhijah dengan protokol kesehatan yang ketat. Saat penyembelihan, pengulitan, pencacahan dan distribusi daging wajib melakukan prokes dan tidak boleh menggunakan alat secara bergantian, distribusi daging kurban langsung ke rumah warga dituju.

Adapun pemantuan pelaksanaan Surat Edaran tersebut dilakukan secara hierarki, melalui pejabat di pusat kemudian turun ke provinsi di kanwil masing-masing dikanwil melalui bidang-bidang terkait secara berjenjang melakukan pengawasan, termasuk kemenag kabupaten, madrasah dan KUA memastikan bahwa surat edaran ini berjalan dengan baik.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar