Pengumuman Baru
  • 08:38 WITA Surat Edaran Nomor Se. 26 Tahun 2021
  • 11:05 WITA Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag

Bakti Penganyar Di Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur

Bakti Penganyar Di Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur

(KanKemenag Kab. Bangli) – suatu kebahagiaan bisa ikut melaksanakan bakti penganyar pada hari Senin, 13 Oktober 2014 di Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur. Bakti Penganyar di Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur di puput oleh Ida Pedanda Putra Sanur dari Grya Celempung Tembuku Bangli. Hari pada kesempatan tersebut Bapak Bupati Bangli, Bapak Wakil Bupati Bangli bersama istri, perwakilan masing-masing SKPD dan dari kementerian Agama Kab. Bangli rombongan di pimpin oleh I Wayan Sumada, S.Ag, M.Fil.H.

 Upacara Bakti Penganyar di Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur di awali dengan pementasan tari wali seperti Baris Perang-perangan, Baris Bajra, Baris Perisai, Baris Dapdap dan tari rejang Bunga yang di iringi oleh sekaa gong desa Batur.

Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur berada di kawasan desa Wingkang Ranu (Pada waktu tempo dulu ) sekarang di sebut Desa Adat Batur merupakan Pura Kayangan Jagat. Pada Prasasti Air Hawang,933 Saka atau 1181 Masehi, Bhatarai ri Tuluk Biyu, (Prasasti Er Abang,1103 Saka atau 1011 Masehi) yang dikeluarkan pada era pemerintahan Sri Dharmodayana Warmadewa dan Raja Jaya Pangus mengungkapkan tetang keberadaan Pura Pura Tuluk Biyu Parahyangan Agung Puncak Gunung Abang Batur.(Muda)

 

 

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar