Pengumuman Baru
  • 08:38 WITA Surat Edaran Nomor Se. 26 Tahun 2021
  • 11:05 WITA Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag

Upakara dan Upacara Pitra Yadnya

Upakara dan Upacara Pitra Yadnya

#PuspaBang


Bangli, Sabtu 25 September 2021, PAH: I Wayan Sudarma mewakili Kementerian Agama Kab. Bangli menjadi Narasumber Dharma Tula (Webinar) melalui Zoom yang diselenggarakan oleh PHDI, Bimas Hindu, WHDI, PSN, dan KMHDI Nusa Tenggara Timur, dengan materi bahasan: Upakara dan Upacara Pitra Yadnya.


Kegiatan dibuka oleh Ketua WHDI Prov. NTT: Dr. Dewa Ayu Suswati, dan dimoderatori oleh: I Gusti Budiana. Turut hadir pimpinan ketua lembaga keumatan, Pembimas Hindu Kanwil Prov. NTT: Ibu Ni Wayan Sunarsih, para Pinandita, serati, mahasiswa, dan umat serta nampak juga umat dari berbagai daerah lainnya.


Dalam paparannya I Wayan menyampaikan Upakara Pitra Yadnya yang digunakam pada upacara Sawa Prateka dan Atma Wedana, juga menyampaikan makna filosofi dan tatacara rangkaian upacara pitra yadnya mulai dari perawatan sawa hingga Nilapati/Ngelinggihang, yang kesemuanya merujuk pada beberapa teks sumber seperti: Yama Purwana Tattwa, Yama Tattwa, Yama Purwa Tattwa, Teks Swamandala.


Dalam sesi diskusi yang bersangkutan juga menjelaskan atas pertanyaan tentang mantram pitra puja, solusi jika terdapat ketidaktersediaan sarana upakara, dan ketika ada kematian dalam kondisi darurat seperti saat pandemi karena covid-19, untuk mengutamakan kesehatan dan keselamatan.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar