Pengumuman Baru
  • 08:38 WITA Surat Edaran Nomor Se. 26 Tahun 2021
  • 11:05 WITA Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag

Binroh Hindu di Radio

Binroh Hindu di Radio

#PuspaBang


Bangli, Rabu 14 Oktober 2021, untuk memaksimalkan tusi kepenyuhan dan bisa menjangkau masyarakat yang lebih luas, terlebih di masa pandemi, kembali hari ini Kelompok Kerja Penyuluh Agama Hindu  Kemenag Kab. Bangli, melaksanakan bimbingan penyuluhan melalui siaran radio interaktif di Click Radio Bali 94.9 FM.


Adapun tema bahasan kali ini mendiskusikan: Aktualisasi Sad Kertih Dalam Kehidupan


Dialog interaktif ini dipandu oleh: I Nyoman Mudana dan materi dibawakan oleh: I Dewa Ayu Trijuliani yang menyampaikan tentang pengertian dari Sad Kertih, sementara itu I Wayan Gantiari menyampaikan bagian-bagian dari Sad Kertih dan sumber rujukan teks yaitu Pustaka suci Rgveda III.51.5 misalnya menyebutkan: “Indra ya dyava osadhir uta apah. Rayim raksanti jiyaro vanani” yang artinya tanpa terlindungi sumber-sumber alam tersebut manusia tidak akan pernah mendapatkan kehidupan yang aman damai dan sejahtera.


 Terkait aktualisasi dari Sad Kertih mulai dari atma, samudra, wana, danu, jagat, dan jana kertih jika dilihat secara niskala dan sekala disampaikan oleh Ida Ayu Nyoman Widiastuti


Terdapat pula pertanyaan yang masuk dari masyarakat terkait situasi danau dan gunung yang ada di Bangli yang mengalami pencemaran lingkungan bagaimana upaya yang harus dilakukan jika dikaitkan dengan Sad Kertih, ini sudah langsung ditanggapi oleh pemateri bahwasannya kita sebagai manusia yang memiliki kelebihan dibandingkan makhluk lainnya harus memiliki kesadaran dan peduli terhapat lingkungan, dengan cara menjaga keasrian dan kealamian alam jika dikaitan ini masuk pada Danu Kertih, serta dengan melalukan upacara/ritual khusus untuk menjaga vibrasi positif dari danau itu sendiri. 


Pada akhir acara terdapat lantunan tembang untuk mengingatkan kita dalam pengimplementasian Jana Kertih (edukasi protokol kesehatan) di masa pandemi covid 19 ini.


#PenyuluhCerdas

#PelayananBerkuliatas

#SuluhBangli

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar