Pengumuman Baru
  • 08:38 WITA Surat Edaran Nomor Se. 26 Tahun 2021
  • 11:05 WITA Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi CPNS Kemenag

Penyuluh Melaksanakan BP tentang Makna Tumpek Wariga

Penyuluh Melaksanakan BP tentang  Makna Tumpek Wariga

#PuspaBang

Bangli, Jumat 15 Oktober 2021, Manusia sangat amat tergantung dari alam raya, sebagai bagian dari alam semesta ini, maka umat Hindu Bali sangat memuja dan menghormati alam semesta beserta isinya. Maka dari itu dalam keyakinan beragama dan berketuhanan umat Hindu, memperingati Hari Raya Tumpek Uduh (Tumpek Wariga) sebagai salah satu penghormatan terhadap alam raya, yang telah menyediakan makanan yang dikonsumsi oleh manusia. 


Guna memaknai Hari Suci Tumpek Wariga, kembali hari ini Kelompok Kerja Penyuluh  Agama Hindu Kab. Bangli, melaksanakan Bimbingan Penyuluhan melalui siaran radio, di kanal Click Radio Bali 94.9 FM.


Hadir kali dalam mimbar kali ini: I Nyoman Mudana, I Wayan Sudarma, Ni Wayan Gantiari, I Dewa Ayu Trijuliani, dan I Wayan Sudarsana.


Dipaparkan oleh para narasumber bahwasanya; Esensi terpenting dan makna dari perayaan Tumpek Wariga adalah rasa terima kasih yang sangat dalam terhadap kekayaan alam yang melimpah ruah. Semua puja dan puji dilantunkan para pendeta, pemangku atau pemimpin upacara dan umat penuh dengan intisari terima kasih terhadap alam.


Momentum ini sangat baik untuk manusia begitu pentingnya tanaman dan alam dalam arti yang sangat luas, sehingga menjadi harmoni dalam kehidupan ini. Dalam Hindu hal-hal yang berhubungan dengan manusia selalu diadakan upacara yadnya, sebagai ungkapan angayubagia.


#PenyuluhCerdas

#PelayananBerkualitas

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar