Berita

ASN Kementerian Agama Sebagai Duta Penebar Kedamaian

58 dilihat
Pemotongan tumpeng wujud rasa syukur (foto by Sania)

(Inmas Bali) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali menggelar acara syukuran dalam rangka Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 72 usai diselenggarakannya apel bendera pada hari Rabu, 3 Januari 2018. Dalam acara syukuran ini hadir juga mantan kepala Kantor Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali.

Bapak DR. H. Arjiman selaku ketua panita menyampaikan laporannya secara singkat mengenai rangkaian kegiatan yang sudah diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 72. Serangkaian acara telah dilaksanakan guna memeriahkan Hari Amal Bakti ke 72 Kementerian Agama diantaranya persembahyangan bersama oleh masing-masing agama, penilaian lomba kebersihan kantor, jalan santai kerukunan, lomba memasak, lomba paduan suara dharma wanita, lomba mekidung, lomba qasidah, lomba senam kerukunan, penyerahan bantuan sosial pada pengungsi erupsi gunung agung, ziarah, dan puncaknya apel bendera dan syukuran.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Bapak I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag dalam arahannya menyampaikan kembali sambutan Menteria Agama RI yaitu bahwa kita sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama memiliki tugas penting sebagai pengawal dasar negara yaitu Pancasila yang di dalamnya mengandung nilai-nilai agama dan mencerminkan jatidiri bangsa Indonesia. Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur Kementerian Agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain: mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antarumat beragama.

Hari Amal Bakti ke-72 Kementerian Agama tahun 2018 mengambil tema: "Tebarkan Kedamaian". Tema ini dipilih karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. Kedamaian akan membawa kebahagiaan. Kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. Kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. Dan, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih saying Tuhan yang hakiki.

Karena itu, saya mengajak seluruh ASN Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama di Tanah Air agar bersama-sama menjadi Duta Penebar Kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera.
“Selama tahun 2018 ini kita harus mampu mensosialisasikan tema Hari Amal Bakti yaitu Tebarkan Kedamaian sekaligus logo yang menyerupai bentuk love” ujar I Nyoman Lastra. Syukuran ini ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur atas pencapaian yang telah diraih oleh Kementerian Agama selama ini. Potongan tumpeng diberikan kepada dua mantan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali terdahulu dan kepada pegawai yang memasuki masa purnabakti. Acara syukuran juga diisi dengan penampilan seni dari pegawai Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali serta penyerahan hadian kepada pemenag lomba kebersihan kantor. Lomba kebersihan kantor telah melalui penilaian sejak awal desember dan dimenangkan oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Bangli kemudian juara dua oleh Kantor Kementerian Agama Kab. Klungkung dan juara tiga oleh Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar. Ketiga pemenang ini selain memperoleh trophy dan piagam juga memperoleh hadiah berupa televise LED. Meskipun dilaksanakan dalam kesederhanaan namun tidak mengurangi maknanya.(sn)

Galeri Foto