Berita

Cetak Generasi Muda yang Cerdas, Berkarakter dan Berakhlak Mulia Menuju Generasi Emas 2045 Melalui Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar (SD)

5 dilihat

Di dalam mendukung tujuan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) No 87 Tahun 2017, Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karangasem Dr. Ni Nengah Rustini, M.Ag membuka secara resmi Lomba Bercerita Tingkat Sekolah Dasar Kab. Karangasem Tahun 2017, Sabtu 09 September 2017. Bertempat di Wantilan Kantor Bupati Karangasem, yang mempunyai Tema “Lestarikan Kearifan dan  Budaya Hindu melalui Bercerita Keagamaan”, tujuan kegiatan ini adalah Pelestarian kearifan local sebagai pondasi penguatan karakter peserta didik yang berakhlak mulia, berdaya saing, bermartabat menuju generasi emas 2045 dalam mewujudkan program “Karangasem The Spirit Of Bali”. Acara digelar secara meriah dan penuh antusias dari para peserta yang seluruhnya berjumlah 32 siswa, yakni 16 Putra dan 16 Putri yang berasal dari SD se-Kab. Karangasem. Dalam Sambutannya Kepala Kantor Kementerian Agama Karangasem Dr. Ni Nengah Rustini, M.Ag., menyampaikan bahwa cerita keagamaan harus sarat akan pesan-pesan moral dan ajaran agama khususnya Agama Hindu, yang merupakan jalan dari kebenaran. Peserta harus bisa dan mampu meyakinkan penonton dan membawakan cerita keagamaan dengan rasa dan teknik yang sesuai dan terkait dengan tema yang dibawakannya.

 

Dalam Hal Dewan juri Lomba yang ditunjuk oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem adalah merupakan Para ahli dan Tenaga Pendidik yang sudah berkompeten dan professional di dibidangnya. Para Dewan Juri yang ditunjuk adalah : I Dewa Nyoman Raka Kusuma, A.Ma.Pd sebagai Dewan Juri I, Nyoman Tusthi Eddy, BA sebagai Dewan Juri II dan Dra. Ida Ayu Nyoman jelantik, M.Pd.H sebagai Dewan Juri III. Pemenang atau Juara dari Lomba Bercerita Keagamaan Tingkat SD pada Kategori Putra, yakni :Juara I diperoleh oleh I Kadek Bayu Pradnyana dari SDN 1 Karangasem, Juara II oleh I Wayan Eka Mahesa Mantra dari SDN 5 Sibetan, Juara III oleh Ida Made Arie Kesawa Gotama Putra dari SDN 1 Abang dan terakhir Juara Harapan diperoleh oleh I Komang Sindura dari SDN 5 Ababi. Sedangkan Pemenang pada Kategori Putri, yakni: Juara I diperoleh oleh Ni Kadek Ratna Ayu Lestari dari SDN 5 Karangasem, Juara II oleh Ni Wayan Sri Mahayani dari SDN 5 Sibetan, Juara III oleh I Gusti Agung Marsya Putri Marimti dari SDN 2 Selat, dan Juara Harapan diperoleh oleh Ni Kadek Anya Rosvita Yani dari SDN 2 Culik.

Seluruh pemenang lomba langsung menerima penghargaan dan uang pembinaan dari panitia kegiatan Lomba yang dikoordinasikan oleh Ketua Panitia I Nyoman Astawa, S.Pd. Respon dari masyarakat terhadap kegiatan ini sangat baik, mereka berharap agar kegiatan seperti ini lebih sering lagi dilaksanakan agar anak-anak memiliki wadah dalam menyalurkan bakat dan kreatifitasnya kearah yang positif. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi menangkal dampak negatif  pengaruh kemajuan Tekhnologi Informasi (TI) yang meresahkan masyarakat. Tanpa filter imtaq  yang kuat maka generasi muda penerus bangsa akan kehilangan masa depan dan akan timbul berbagai masalah sosial dalam masyarakat sehingga dapat berakibat lose generation. Melalui ajang ini sekaligus memberikan dorongan kepada peserta didik untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama sehingga tercermin dalam sikap dan perilaku serta ucapan sesuai dengan norma dan nilai-nilai agama.