Pengumuman Baru
  • 07:00 *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 07:00 *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1939*

Musda FKUB Bali

Musda FKUB Bali

Bertempat di Hotel Goodway Nusa Dua, Sabtu s.d. Minggu, 4 s.d. 5 Agustus 2018 lalu, Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Bali menggelar musyawarah daerah (musda) yang dihadiri oleh FKUB Kab./Kota se Bali, Ka. Kankemenag Kab./Kota se Bali, berbagai organisasi keagamaan se Bali, Forum Perempuan Lintas Agama (Forpela), dan Forum Generasi Muda Lintas Agama (Forgimala).

Kegiatan yang diselenggarakan dalam upaya untuk mempererat kerukunan, mensinkronkan program kerja FKUB Kab./Kota se Bali, serta merawat dan memantapkan kerukunan untuk menghadapi pemilu 2019 ini dibuka oleh Gubernur Bali. Dalam sambutannya, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Gubernur Bali, Bapak Made Mangku pastika, diantaranya adalah bahaya politik identitas dengan mengatasnamakan agama, beliau menegaskan bahwa agama harus steril dari kepentingan politik, dan selain politik identitas, hal lain yang dianggap bisa menjadi ancaman kerukunan umat adalah kemajuan IT (information technology) yang dipandang sebagai pisau bermata dua, di satu sisi bisa mempermudah kehidupan, namun bisa menjadi ancaman bila tidak dimanfaatkan secara bijak. Beliau juga mengharapkan peran FKUB sebagai salah satu pilar penting agar senantiasa mengembangkan kedamaian dan kerukunan yang selama ini telah terbangun di Bali, meningkatkan peran aktif bersama komponen lain dalam mewujudkan tatanan masyarakat yang penuh toleransi dan rasa persaudaraan. 

            Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, Ibu Komang Sri Marheni, S.Ag., M.Si sangat mengapresiasi atas diselenggarakannya pertemuan ini, mengingat sekarang ini bangsa kita sedang rentan dengan masalah intoleransi dan radikalisme serta sebentar lagi akan diselenggarakan Pemilu 2019. Momen ini tentunya sangat tepat bila dimanfaatkan oleh mereka yang bersentuhan langsung mengawal kerukunan umat beragama untuk menyusun sebuah upaya dalam merawat dan mempererat kerukunan, baik intern, antar umat beragama, maupun umat beragama dengan pemerintah. (sta)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar