Pengumuman Baru
  • 07:00 *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 07:00 *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1939*

Rapat Sinkronisasi Data Kehumasan Kemenag Kab. Gianyar

Rapat Sinkronisasi Data Kehumasan Kemenag Kab. Gianyar

Rapat Sinkronisasi Data Kehumasan Kemenag Kab. Gianyar

Gianyar--Senin (8/10) Bertempat di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar dilaksanakan kegiatan sosialisasi kehumasan yang dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba SH, M.Si didampingi oleh Kepala Subag Tata Usaha I Made Sutama M.Pd.H dan dihadiri oleh pejabat structural dan fungsional di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar.  Kegiatan sinkronisasi data kehumasan ini dilaksanakan dengan tujuan utama yaitu untuk lebih detail mengetahui bagaimana peran kehumasan dalam menciptakan, mempertahankan dan melindungi reputasi suatu instansi, menampilkan citra-citra yang mendukung serta bagaimana teknis dan peran kehumasan dalam mengolah data valid. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Ida Bagus Oka dalam arahannya menjelaskan bahwa kehumasan yang mencangkup public speaking, menulis dan jurnalistik, serta pengembangan pribadi, pembuatan media informasi, Fotografi (Digital Photography) untuk dokumentasi kegiatan dengan kamera digital profesional serta editingnya dengan komputer, Video Editing untuk dokumentasi kegiatan dengan handycam serta editingnya dengan computer dan juga dalam pengolahan data  merupakan salah satu bagian terkecil dari kehumasan. Tidak hanya hal itu, menyikapi berbagai isu-isu yang sering menyebar berita hoax, Ida Bagus Oka dengan sigap menghimbau kepada seluruh peserta agar tidak terlalu menyikapi isu yang ujungnya hanya dapat menimbulkan kegundahan. Maka dari sinilah peran humas atau jurnalistik diperlukan sehingga dapat memberikan informasi atau berita yang tentunya berdampak positif bagi masyarakat. Karena humas merupakan ujung tombak bagi sebuah instansi dalam membangun hubungan komunikasi internal dan eksternal. Humas atau yang lebih dikenal sebagai PR (Public Relation) merupakan salah satu metode komunikasi untuk menciptakan citra positif organisasi atau instansi atas dasar menghormati kepentingan bersama.  Senada dengan Kepala Kantor, Sutama menambahkan bahwa pembentukan kelembagaan Humas pada Kementerian Agama saat ini idealnya berfungsi untuk menterjemahkan kebijakan organisasi kepada internal (personil atau pegawainya) dan eksternal atau publik, serta untuk memonitor respon publik untuk disampaikan kepada pimpinan sebagai salah satu bahan kinerja yang dapat dilihat oleh masyarakat. Era transparansi dan perkembangan teknologi informasi telah menjadikan masyarakat lebih kritis dan cenderung terjadi perubahan yang cepat di masyarakat. Kondisi seperti ini Kementerian Agama Kabupaten Gianyar untuk mengakomodir dan mengantisipasi keinginan masyarakat atau publik untuk memperoleh informasi dan hal ini menjadikan fungsi humas menjadi lebih penting. Beliau juga  menambahkan bahwa pengolahan data sebaiknya dilaksanakan dalam 3 bulan sekali, agar nantinya dapat mempermudah petugas pendataan untuk mendata atau ngeupdate sebuah data itu sendiri. Namun tentunya semua tak terlepas dari peran serta seluruh satker dan juga dalam memberdayakan tupoksi dari penyuluh. Ditegaskan pula oleh Ida Bagus Oka bahwa keseluruhan dapat berjalan dengan baik apabila adanya sinkronisasi komunikasi dalam sebuah instansi baik berupa pengumpulan data yang harus di update setiap saat dengan form yang telah ditentukan ataupun dalam pembuatan berita yang harus dilaksanakan dengan teliti agar nantinya tidak terjadi hal yang berdampak negatif kepada masyarakat “kerja dengan cermat, sigap, profesional” . (pm)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar