Berita

Kegiatan MPLM di MTsN 1 Jembrana Tahun 2017

134 dilihat

(KanKemenag Kab. Jembrana) Memasuki awal Tahun Pelajaran 2017/2018, MTs Negeri 1 Jembrana menyelenggarakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Madrasah (MPLM). Secara umum MPLM bertujuan untuk menyambut kehadiran peserta didik baru sambil memperkenalkan almamater.

Saat membuka kegiatan MPLM, Kepala MTs Negeri 1 Jembrana H. Agus Subagya, M.Pd. menyampaikan, MPLM bisa disebut juga Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Menurutnya, kegiatan MPLM di MTs Negeri 1 Jembrana memiliki beberapa tujuan, diantaranya; 1) memperkenalkan peserta didik pada lingkungan madrasah yang baru, 2) memperkenalkan mereka pada seluruh komponen madrasah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya, 3) memperkenalkan pada keorganisasian madrasah, 4) memperkenalkan lagu hymne dan mars madrasah, 5) memperkenalkan seluruh kegiatan yang ada di madrasah, 6) mengarahkan mereka dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakatnya, 7) menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada dirinya sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal, 8) serta menanamkan berbagai wawasan dasar sebelum mereka memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.

Panitia kegiatan MPLM Harisuddin, S.Pd. menuturkan, MPLM MTsN 1 Jembrana dilaksanakan dari tanggal 12 sampai 15 Juli 2017 diikuti seluruh peserta didik baru dan lama, beberapa pemateri dihadirkan dari luar seperti Kapolsek dan Brimob untuk materi Narkoba dan kenakalan remaja serta Peraturan Baris-Berbaris (PBB), selebihnya diisi oleh tenaga pendidik profesional dan berkompeten dibidangnya.  (Teguh)