Berita

Kegiatan Poksarwis Swecapura

13 dilihat
Kegiatan Poksarwis Swecapura

Gelgel adalah salah satu tempat wisata dengan pantai sebagai objek utamanya. Pantai ini biasnaya dikelola oleh Kelompok Darma Wisata atau sering disebut dengan POKDARWIS, pantai ini menjadi salah satu ikon wisata yang berada di Klungkung karena pemandangan serta ombaknya yang membuat para Tourist asing senang dengan hal itu. Salah satunya yaitu Pantai Batu Tumpeng (Batube). Pantai Batube adalah salah satu surga bagi para surfer. Letaknya yang cukup jauh dari pusat kota membuat pantai ini belum terlalu ramai dengan pengunjung dan Desa terdekat berjarak beberapa kilometer yaitu Desa Gelgel. Di dekat pantai hanya terdapat sebuah hamaparan sawah yang luas dan di pesisir pantai terdapat beberapa pedagang kecil yang menyediakan makanan maupun minuman.

Pokdarwis merupakan salah satu organisasi yang dibentuk untuk mengelola pariwisata di Desa Gelgel, anggota Pokdarwis sendiri diajarkan beberapa hal termasuk berenang, agar nantinya disaat mengelola Pantai Batube dan terjadi hal yang tidak diinginkan anggota Pokdarwis sendiri dapat menanganinya dengan sigap.

Pokdarwis juga mendirikan sebuah warung di sekitaran pantai Batube agar para wisatawan yang berkunjung dapat dengan mudah mencari makanan maupun minuman di sekitaran pantai. Selain mendirikan warung, di Pantai Batube Pokdarwis menyediakan peralatan kemah bagi para wisatawan yang ingin melaksanakan kemah di tempat tersebut. Berbagai macam peralatan mulai tenda, matras, tempat duduk, kayu bakar, sampai jagung bakar. Dengan adanya hal tersebut diharapkan nantinya pantai batube lebih banyak dikunjungi wisatawan. Seperti pada gambar diatas, sekelompok mahasiswa fakultas pariwisata Universitas Udayana melaksanakan kegiatan kemah pada hari Sabtu 10 maret 2018 kegiatan perkemahan tersebut dibantu oleh anggota Pokdarwis Swecapura. Selain dibantu oleh anggota Pokdarwis, peran penyuluh disini juga sangat berpengaruh dimana di Desa Gelgel terdapat penyuluh Agama Hindu yang sering kali membantu dalam kegiatan2 Desa contohnya seperti kegiatan Pokdarwis ini. Peran penyuluh disini yaitu membanttu anggota Pokdarwis dalam menjaga kebersihan lingkungan, pemasangan tenda dan ikut berpartisipasi dalam mempromosikan di media social.

Perbekel Desa Gelgel selaku penanggung jawab dari Kelompok Sadar Wisata mengungkapkan bahwa “selain menyediakan tempat perkemahan Pokdarwis juga gencar dalam mempromosikan berbagai wisata yang ada digelgel melalui media social seperti Facebook, Koran, televise dll. Dan kedatangan wisatawan kepantai yang memiliki ombak layaknya pantai kuta itu untuk surfing kisaran 20-30 orang setiap minggunya hal tersebut memberikan dampak positif untuk mendongkrak pendapatan sejumalah masyarakat lantaran mampu membuka usaha dagang Pokdarwis juga kerap melakukan bakti social di sekitaran pantai hal itu dilakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan agar berdampak baik bagi masyarakat dan pengunjung yang melakukan wisata kedaerah tersebut. Seperti yang kita ketahui turis asing menyukai tempat yang bersih sehingga wisatawan nyaman berada di area pantai.