Berita

Kerukunan Intern Umat Hindu yang Berwawasan Kebangsaan

77 dilihat
Dialog Kerukunan Intern Umat Hindu yang bertempat di Wantilan Pura Mertasari Kabupaten Jembrana

(KanKemenag Kab. Jembrana) Seksi Urusan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, pada hari Minggu, 18 Februari 2018 melaksanakan Dialog Kerukunan Intern Umat Hindu yang bertempat di Wantilan Pura Mertasari Kabupaten Jembrana.

Kegiatan Dialog Kerukunan Umat Hindu ini diikuti oleh 65 orang peserta yang terdiri dari Bendesa Pakraman se-Kabupaten Jembrana. Kegiatan ini dimaksudkan agar masyarakat tahu dan memahami arti pentingnya kerukunan beragama sehingga terciptanya kehidupan yang harmonis bagi masyarakat di Kabupaten Jembrana khususnya bagi umat Hindu.

Adapun upaya untuk membina kearah terwujudnya kerukunan intern beragama dapat ditempuh dengan pendekatan secara manusiawi, melalui musyawarah, berdialog, temu muka antar pemuka agama, sehingga dapat menumbuhkan kesadaran akan hidup bersama saling membutuhkan dan saling melengkapi satu sama lain.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana, I Made Sudarmita, S.Pd. S.Ag. MM saat membuka sekaligus menjadi narasumber dengan materi Sosialisasi Seruan Hari Raya Nyepi Kabupaten Jembrana. Dalam sambutannya Beliau menyampaikan kerukunan bersifat dinamis, maka sudah menjadi kewajiban kita semua untuk terus menjaga kerukunan baik intern umat Hindu maupun kerukunan antar umat beragama, untuk kesucian, kedamaian dan keharmonisan. Beliau juga menyampaikan seruan pelaksanaan Hari Raya Nyepi disepakati pedoman dan laksanakan bersama untuk menjaga kesucian Nyepi dengan Catur Brata Penyepian.

Sedangkan narasumber lain dalam Kegiatan Dialog Kerukunan Intern Umat Hindu diantaranya Kasi Ura Hindu, Ida Bagus Ketut Rimbawan, S.Ag. M.Si dengan materi Tatwa Nyepi dan Saraswati. Ketua PHDI Kabupaten Jembrana, I Komang Arsana, S.Pd dengan materi Pelaksanaan Rangkaian Hari Raya Nyepi 1940. MMDP Kabupaten Jembrana, Nengah Subagia, dengan materi Menjaga Keamanan Desa Pekraman dalam Melaksanakan Hari Raya Nyepi.