Berita

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP, Kabupaten Gianyar

37 dilihat
Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP, Kabupaten Gianyar

Lomba Cerdas Cermat Tingkat SMP, Kabupaten Gianyar

Gianyar—Senin, (23/4) Seksi Pendidikan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar mengadakan lomba cerdas cermat agama Hindu tingkat SMP yang bertempat di Pura Bukit Bitera, Kabupaten Gianyar dalam upaya untuk memahami, penalaran, dan pengamalan bagi murud-murid sekolah dalam menguasai materi-materi Agama Hindu baik itu dibidang pengetahuan dan keterampilan. "Cerdas cermat Agama Hindu ini berkaitan dengan kegiatan tahunan, sehingga dapat mengurangi degradasi moral pada generasi muda khususnya anak-anak sekolah,".

Perlombaan yang berlangsung cukup meriah namun sederhana ini, diwakilkan oleh seluruh SMPN Kecamatan seKabupaten Gianyar. Berikut pemenang juara pertama adalah perwakilan dari SMPN 1 Tampaksiring keluar sebagai juara pertama dalam acara lomba cerdas cermat tingkat SMP  yang diadakan di Pura Bukit Bitra, Kabupaten Gianyar.Sebanyak 7 perwakilan sekolah Kecamatan  yang  ikut serta dalam lomba ini. Masing-masingnya mengirimkan satu tim yang beranggotakan tiga orang yang terdiri dari satu speaker dan dua anggota. Setiap tim tidak hanya dituntut untuk cerdas dalam menjawab soal seputar agama Hindu, namun harus cermat pula untuk melihat peluang yang ada untuk menambah skor terbaik.

“Dalam lomba cerdas-cermat ini dibutuhkan kecepatan, ketepatan, serta kerjasama tim dalam menjawab soal-soal yang diberikan” ungkap panitia”, Koordinator pelaksana lomba saat membuka acara.

Pada acara ini, dihadiri pula oleh juri yang berkompeten dibidangnya yaitu Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Drs. I Dewa Made Nida Udyana M.Pd.H, Kepala Sub.Bagian Tata Usaha I Made Sutama S.Ag,M.Pd.H, Kasi Pendidikan Agama Hindu A.A.Istri Rai Anggraeni M.Pd.H, serta Pengawas Agama Hindu Ida Bagus Suparta. Dewa Nida  disela acara, beliau mengharapkan agar setiap tim bisa menerima kekalahan maupun kemenangan dengan senang hati dan bisa mempersiapkan kembali untuk perlombaan yang sama pada tingkat Provinsi maupun Nasional nanti.

Keluar sebagai juara II, yaitu tim perwakilan dari sekolah SMPN 3 Ubud, dan juara III yaitu dari tim perwakilan sekolah SMPN 1 Tegalalang. Dalam mendapatkan juara, peserta wajib menjawab 4 jenis soal, yaitu soal wajib, soal praktek, soal alihan, dan soal rebutan. Bagi pemenang lomba cerdas cermat ini, mendapatkan piagam penghargaan, piala, serta uang pembinaan. Dewa Nida menghimbau kepada para pemenang maupun yang belum mendapatkan juara, agar tetap semangat, tetap belajar dan tetap rendah diri “ungkap Dewa Nida”. (pmt)