Berita

Melalui Peningkatan Sradha Bhakti Siswa Pasraman, Kita Wujudkan Peserta Didik Yang Cerdas, Kreatif, Mandiri dan Berakhlak Mulia

28 dilihat

Melalui Peningkatan Sradha Bhakti Siswa Pasraman, kita wujudkan Peserta didik yang cerdas, kreatif, mandiri dan berakhlak mulia, bahasa itulah yang tertuang didalam meningkatkan suatu pelayanan masyarakat bagi peserta didik siswa pasraman Agama Hindu sesuai pada payung Kementerian Agama khususnya di Bidang Pendidikan Agama Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Acara berlangsung dari tanggal 04 s.d 06 Agustus Tahun 2017 di Hotel Bali Taman Resort & Spa, Singaraja. Bapak Ka.Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali I Nyoman Lastra, S.Pd. M.Ag membuka secara resmi Peningkatan Sradha Bhakti Siswa Pasraman sekaligus memberikan materi tentang Kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali terkait dengan Pasraman dimana beliau mengajak element masyarakat khususnya peserta didik siswa Pasraman agar memahami ajaran Agama Hindu dan mampu melaksanakan praktek-praktek keagamaan dengan baik,” tandasnya. Suatu tuntutan dari apa yang dilaksanakan oleh Bidang Penda Hindu agar peserta didik memahami  pelajaran yang telah didapat  seperti  materi penguatan – penguatan lokal yg telah didapatkan, anak-anak perlu memahami majunya akan teknologi dan informasi mana  berdampak positif dan mana berdampak negatif sesuai dengan berkembangnya jaman maka dari itu peserta didik harus memiliki moral yang baik, cerdas dan memiliki suatu tantangan tertentu dan mesti mampu

 

mengendalikan diri di jaman era globalisasi ini. Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu Drs. Ida Bagus Mastika, M.Fil.H memberikan materi tentang Peningkatan Sradha  melalui Praktek Keagamaan, bahwa melalui Peningkatan Sradha Bhakti siswa pasraman peserta didik dapat meningkatkan penanaman nilai – nilai moral, etika, dan terbinanya siswa hindu yang didasarkan pada Sradha dan Bhakti sehingga anak-anak dapat mengaktualisasikan di rumah maupun didalam lingkungan masyarakat.  

Kegiatan Sradha Bhakti ini dicanangkan untuk wujudkan Peserta didik yang cerdas, kreatif, mandiri dan Berakhlak Mulia, disamping beliau memberikan materi dan memberikan praktek tata cara sembahyang yang baik dan benar. Selain itu hadir pula narasumber dari Kakankemenag Kab. Buleleng Drs. I Gusti Komang Sumberjana, MM dengan materi Peningkatan Sradha Bhakti melalui 5 Budaya Kerja Kementerian Agama, Sat Polres Buleleng IPDA Choirul Aman Soleh dengan materi Pengenalan tentang Obat-obat terlarang (Psikotoprika), Dosen Unud Fakultas Kedokteran (Psikologi) Prof. DR. Dr. I Nyoman Mangku Karmaya, M.Repro. PA(K) dengan materi tentang Sex Pranikah Menurut Pandangan Agama Hindu, Dosen Unud Fak. Bahasa Jawa Kuno Prof. DR. I Nyoman Suarka, M.Hum dengan materi Peningkatan Sradha Bhakti melalui Dharma Gita, dari Praktisi Agama Hindu Ka.Kemenag Kab. Buleleng Drs. I Ketut Rupa, M.Pd.H dengan materi Peningkatan Sradha Bhakti dalam Revolusi Mental dan Ni Luh Sumaryani, S.Pd dengan Materi Peningkatan Sradha Bhakti melalui Praktek Upakara Mejejaitan.

Selesai pemaparan oleh Narasumber, dilanjutkan dengan tanya jawab oleh peserta kegiatan Peningkatan Sradha Bhakti Siswa Pasraman.