Berita

Membina Rasa Persaudaraan Melalui Kemah Pemuda Lintas Agama

22 dilihat

Berbagai usaha dilakukan pemerintah sebagai upaya menciptakan kerukunan dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia, salah satunya melalui kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama yang digelar oleh Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali melalui Sub Bagian Hukum dan KUB selama tiga hari dari tanggal 4 sampai 6 Agustus 2017 di Istana Taman Jepun, Jalan Hayam Wuruk Denpasar. Acara dibuka oleh Wakil Gubernur Bali yang dalam hal ini diwakili oleh Asisten I Pemprov Bali. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kerukunan merupakan sebuah keharusan dalam negara yang majemuk. Pemerintah mendukung setiap usaha untuk menciptakan kerukunan, seperti halnya kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama yang dilaksanakan Kanwil Kemenag Prov. Bali.

Sementara itu, Bapak Ka.Kanwil Kemenag Prov. Bali, I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag, dalam materinya, meminta komitmen dari para pemuda untuk bersama-sama menjaga keutuhan NKRI. Kemerdekaan yang sudah diperjuangkan oleh nenek moyang kita agar tetap dijaga dan dipertahankan. “Generasi muda sebagai generasi penerus bangsa pemegang tongkat estapet negara”, demikian kata beliau. Beliau juga berjanji akan lebih sering melaksanakan kegiatan seperti ini mengingat dampaknya yang sangat positif dalam menjaga keutuhan NKRI.

Dukungan tersebut juga muncul dari peserta kemah yang merasa sangat senang dan antusias dengan dilibatkannya mereka dalam kegiatan tersebut. Ditemui usai kegiatan, para peserta perwakilan dari Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar menyampaikan rasa terima kasihnya dengan dilibatkannya mereka dalam kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama. Disana mereka dapat berbaur dengan peserta lainnya dari berbagai agama tanpa adanya sekat diantara mereka. Keakraban tersebut menumbuhkan rasa persaudaraan diantara mereka yang secara otomatis juga akan mengukuhkan persatuan dan kesatuan bangsa. (day)

Galeri Foto