Berita

Mengakhiri Safari Ramadhan Menatap Hari Kemenangan

12 dilihat
Mengakhiri Safari Ramadhan Menatap Hari Kemenangan

(KanKemenag Kab. Jembrana) Setelah melalui empat kali putaran akhirnya di putaran kelima berakhir sudah kegiatan Safari Ramadhan Tahun 2018 ini. Yaitu di Masjid Besar Baitul Amilin Desa Yeh Sumbul dan Masjid Nurut Taqwa Kec. Mendoyo.

Kegiatan safari diawali dari wilayah Kecamatan Pekutatan di Masjid Taqwa Pekutatan dan Masjid Al Akmal Medewi, kemudian diteruskan ke wilayah Kecamatan Melaya di Masjid Baitul Makmur dan Masjid Walisongo Candikusuma. Untuk wilayah Kec. Negara bertempat di Masjid Darussalam Kombading dan Masjid Al Imtisal Banyu Biru. Sedangkan wilayah Kec. Jembrana bertempat di Masjid Raya Negara dan Masjid Baitul Qodim Loloan Timur.

Kegiatan Safari Ramadhan sendiri dilaksanakan setiap hari Senen dan Kamis pada setiap minggunya dengan dua lokasi perwilayah.

Secara umum misi kegiatan adalah untuk merajut silaturrahim dengan beragam elemen tokoh masyakat untuk kemudian dirangkai sinergi untuk memperkuat strategi dalam rangka pembangunan umat yang harmoni. Maka untuk mewujudkan misi tersebut kegiatan safari membawa empat agenda yaitu pertama tausyiah ramadhan untuk memberi wawasan keagamaan terkini bagi masyarakat terutama dalam mereduksi terorisme dan radikalisme, kedua sosialisasi program dan kebijakan yang dimaksudkan agar segala program dan kegiatan Kantor Kementerian Agama Kab. Jembrana baik dari aspek pendidikan, penyelenggaraan haji, bimbingan masyarakat sampai dengan layanan di KUA dapat dipahami dan membumi di masyarakat. Ketiga dialog untuk menampung dan menjaring aspirasi yang berkembang di masyarakat yang dengan dialog ini diharapkan ada sambung rasa antara Kementerian Agama sebagai pemangku kebijakan dibidang sosial keagamaan dengan msyarakat sebagai pengguna layanan.

Agenda keempat adalah pemberian santunan dari UPZ Al-Ikhlas KanKemenag Kab. Jembrana. Selain pemberian santunan tersebut UPZ juga memberikan santunan kepada 20 anak asuh pada setiap bulannya.

Menandaskan misi safari tersebut maka Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Jembrana yang berkenan hadir di acara safari terakhir sangat mengapresiasi  kegiatan safari ramadhan yang dilaksanakan setiap bulan suci ramadhan. Beliau juga menegaskan bahwa suasana kerukunan umat beragama yang sudah kondusif seperti saat ini agar senantiasa dirawat sampai generasi yang akan datang. Banyak hal bisa diperbuat dengan suasana yang rukun dan damai, dan sebaliknya apa yang bisa dilakukan saat suasana tidak kondusif.

Di lokasi lainnya yakni di Masjid Nurut Taqwa Pangkungwani kegiatan safari dikomandani oleh Kasi Bimas Islam Drs. H. Sutisna, MA dengan didampingi oleh Haji dan Umrah H. Achmad Syaifulloh, S.Ag., MM, Kasi Pendidikan Islam Sukur, M.Pd serta beberapa Kepala KUA, Penyuluh Agama Islam PNS dan Non PNS serta pegawai muslim Kankemenag Kab. Jembrana.

Sukses Safari Selamat Datang Hari Kemenangan Idul Fitri 1439.