Berita

Meningkatkan Kualitas Nilai Etika Pemangku

7 dilihat
Satker Urusan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli mengadakan kegiatan Pembinaan Pemangku dengan tema “ Kita Perluas Wawasan Guna Meningkatkan Kualitas Nilai Etika Pemangku”.

Kamis, 10 Mei 2018, Satker Urusan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangli mengadakan kegiatan Pembinaan Pemangku dengan tema “ Kita Perluas Wawasan Guna Meningkatkan Kualitas Nilai Etika Pemangku”. Pembinaan Pemangku dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kab.Bangli dengan jumlah peserta sebanyak 40 orang dari empat kecamatan di Kabupaten Bangli.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Bangli, Drs.Ida Bagus Nyoman Gde Suastika,M.Si, membuka acara secara resmi sekaligus memberikan materi “ Kebijakan Teknis Kementerian Agama Bidang Urusan Agama Hindu Melalui Pembinaan Pemangku. Pembinaan Pemangku merupakan salah satu program Kementerian Agama RI yaitu SALAM (Silahturami Lembaga Keagamaan). Beliau mengharapkan  bahwa disamping sebagai pelayan umat, seorang Pemangku juga hendaknya ikut serta dalam berbagai program Kementerian Agama yaitu menuntun/membina/dan memberikan pencerahan tentang Agama kepada umat khususnya di Kabupaten Bangli.

Prof.DR.I Made Surada,MA, sebagai narasumber kedua menjelaskan bahwa  sebagai Pemangku hendaknya dapat menjalankan Swadarma sebagai penuntun umat dalam penyelenggaraan upacara dan keagamaan. Hal lain yang beliau uraikan diantaranya, bagaimana pengucapan/pelafalan mantra agar sesuai dengam gramer, cara berbusana yang baik dan benar sebagai seorang Pemangku, apa hak dan kewajiban seorang Pemangku, serta tuga dan fungsi dari Pemangku itu sendiri. Pada akhir acara Kasi Urusan Agama Hindu Kantor Kementerian Agama Kab. Kab.Bangli, I Nengah Terus Santosa, S.S, menjelaskan tentang sesana sebagai Pemangku dan sekaligus menutup acara.