Berita

Menjaga Kemajemukan Kabupaten Gianyar Melalui Rapat Koordinasi Kerukunan

28 dilihat

Menjaga Kemajemukan Kabupaten Gianyar Melalui Rapat Koordinasi Kerukunan

Gianyar- Kamis (10/8) Forum Kerukunan Umat Beragama Kabupaten Gianyar mengadakan rapat koordinasi  yang bertempat di ruang Kerja Kepala FKUB. Rapat koordinasi ini dihadiri oleh Kepala FKUB Kabupaten Gianyar Cok Partha Sunia, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Drs. I Dewa Made Nida Udyana M.Pd.H, serta seluruh Ketua Lembaga Umat di Kabupaten Gianyar.

Menurut Cok Sunia, keberagaman kerukunan tidak terlepas dari keharmonisan bagi semua kalangan. Apalagi terkait dengan perselisihan yang selama ini terjadi diberbagai Daerah.

“Hal seperti ini perlu kita jaga bersama. Tentunya bagaimana cara Pemerintah dalam menyikapi kerukunan umat beragama, sehingga diharapkan berjalan dengan baik dan menerima masukan-masukan positif demi kerukunan antar umat beragama”tegasnya”.“Kita ingin forum ini mempunyai satu keaktifan sehingga kita bisa memberikan masukan-masukan dan juga kegiatan – kegiatan yang positif khususnya untuk membina antar umat beragama,” katanya.

Diusai pembukaan oleh Kepala FKUB, selanjutnya berlangsung acara diskusi yang dimulai oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Dewa Nida yang mengharapkan melalui diskusi ini bertujuan menjaga suasana Kabupaten Gianyar menjadi daerah yang aman dan selalu kondusif, terjaga antar kelompok masyarakat juga kelompok agama. bertukar informasi serta berbagi informasi guna menyamakan visi dan persepsi terhadap pencegahan isu-isu dimasyarakat. Tapi kita perlu melakukan tindakan untuk mengantisipasinya hal – hal yang tidak kita inginkan untuk dapat menjaga kebersamaan antar kerukunan umat beragama, diperlukan sikap dalam menjaga toleransi antar umat beragama dari pengaruh negatif yang membuat perpecahan. Selain itu juga, Dewa Nida  mengharapkan, dengan adanya FKUB dapat menjalankan peran serta fungsinya tersebut dengan baik namun tidak terlepas pula dari peran masyarakat itu sendiri.

“Mari kita wujudkan optimalisasi kerukunan dalam peningkatan toleransi antar umat beragama serta kehidupan masyarakat yang harmonis menuju Kabupaten Gianyar yang maju, sejahtera dan berbudaya””ungkap Nida”. 

Selain itu, ditambahkan pula oleh ketua Lembaga Umat yaitu kerukunan umat beragama selama ini dapat berjalan dengan baik dan lancar. Semoga pertemuan ini dapat kami lakukan secara berkelanjutan, sehingga hubungan komunikasi dan koordinasi kita bersama  antar umat beragama, masyarkat, dan  Pemerintah kabupaten Gianyar  terus terjalin, “tuturnya”.(pmt)

 

 

Galeri Foto