Berita

Merawat Keberagaman Memantapkan Keberagaman

22 dilihat

(Inmas Bali) Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional Tahun 2017 kembali digelar tahun ini dan dibuka secara resmi oleh Menteri Agama pada Senin, 09 Oktober 2017. Provsinsi Nangroe Aceh Darussalam menjadi provinsi pertama digelarnya Pentas PAI di luar kota, dimana sebelumnya digelar di Kota Bekasi. Dalam laporannya Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI Bapak Prof. Dr. Phil. Kamaruddin Amin MA menyampaikan bahwa Pentas PAI ini tidak lain sebagai sarana untuk memupuk mental sportifitas dan ukhuwak Islamiah antar kontingen, menumbuhkan keberanian dalam minat dan bakat, memelihara kebhinekaan dan NKRI. Pentas PAI ini diikuti oleh 1.054 peserta dengan 8 jenis lomba yang dipertandingkan.

Sementara itu Gubernur Provsinsi Nangroe Aceh Darussalam Bapak drh. Irwandi Yusuf, M.Sc dalam ucapan selamat datangnya menyampaikan terima kasih karena Aceh telah dipercayakan sebagai tuan rumah Pentas PAI untuk pertama kalinya. Beliau juga menyampaikan bahwa dimana ada umat Islam disana ada kedamaian itulah wajah yang coba dibangun oleh Irwandi Yusuf terhadap Aceh yang baru.

Pentas PAI ini dibuka secara resmi oleh Menteri Agama RI Bapak Lukman Hakim Saifudin yang dipusatkan di Taman Ratu Safiatuddin Banda Aceh. “Pentas PAI ini merupakan kebutuhan kita semua” ucap Menag. Kebutuhan yang dimaksud adalam melalui Pentas PAI merupakan sarana mengetahui minat dan bakat dari anak maupun guru, serta bagi pemerintah untuk mengetahui keberhasilan pendidikan Islam secara nasional. Pentas PAI ini mengangkat tema “Merawat Keberagaman Memantapkan Keberagamaan”, mempunyai makna bahwa pendidikan agama Islam harus dikaitkandengan jati diri Indonesia. Keberagamaan dan keberagaman merupakan satu kesatuan karena agama sebagai sumber dari keberagaman. Menag berharap melalui Pentas PAI ini kita mampu merawat keberagaman dengan memantapkan nilai-nilai  keagamaan kita.

Provinsi Bali pada Pentas PAI tahun 2017 ini mengirimkan 40 orang dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Bapak I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag beserta ibu berkesempatan hadir memenuhi undangan sekaligus memberikan semangat dan motivasi bagi mereka yang akan berlomba.(sn)


Galeri Foto