Berita

Pelatihan Serati Banten, Mengajegkan Bali Harmonis

25 dilihat

Pelatihan Serati Banten, Mengajegkan Bali Harmonis

Gianyar—Kamis (28/12) Desa  Pekraman Kedisan Kecamatan Tegalalang mengadakan kegiatan pelatihan serati banten yang bertempat di Bale Banjar Desa Kedisan. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agam Kabupaten Gianyar Drs. I Dewa Made Nida Udyana M.Pd.H, Kasi Urusan Agama Hidnu I Made Sueca S.Ag, serta peserta sebanyak 65 orang yang berasal dari pemangku dan serati banten. "Penataran ini  dilaksanakan sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan wawasaan para pemimpin upacara keagamaan dalam melaksanakan 'swadarmaning' atau pelaksanaan sebagai pemangku dalam melayani umat sedharma," ungkap Dewa Nida”.

Kegiatan juga sebagai upaya mengajegkan budaya dan tradisi Bali. Disamping itu juga untuk menyamakan persepsi dan pandangan tentang pelaksanaan yadnya atau persembahan suci kepada Tuhan menyangkut sarana maupun upacaranya. Dewa Nida Menghaimbau dan berharap melalui kegiatan ini seluruh peserta mampu melestarikan ajaran dan budaya Hindu khususnya di Bali. "Seorang pemangku harus terus meningkatkan pengetahuan keagamaannya," katanya.
Oleh sebab itu, menurut Dewa Nida, pemangku punya peranan penting dalam mengarahkan umat untuk senantiasa berpikir, berkata dan bertindak sesuai ajaran agama, sehingga dapat memperluas pengetahuan dalam melaksanakan tugas-tugas kepemangkuan sesuai dengan sastra agama khususnya Weda, Tatwa dan Puja, dan juga sebagai wujud bahwa masyarakat, sudah mulai paham tentang makna sebuah kegitan ritual. “Meningkatkan kekuatan spiritual, kepribadian, akhlak serta keterampilan pemangku dan serati banten baik untuk kepentingan sendiri maupun masyarakat umum” “tegas Dewa Nida”.(pmt)

Galeri Foto