Berita

Pembinaan Pra Nikah Kementerian Agama Kabupaten Gianyar

9 dilihat

Pembinaan Pra Nikah Kementerian Agama Kabupaten Gianyar

Gianyar – (Minggu 3/9) Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar mengadakan kegiatan pembinaan Pra-Nikah yang bertempat di gedung KUA Kecamatan Sukawati Kabupaten Gianyar. Kegiatan pra-nikah ini terfokuskan kepada para remaja yang belum pernah menginjak pernikahan. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Dewa Nida didampingi Penyelenggara Haji dan Umrah Nasihuddin selaku plh Kasi Bimas Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar serta para remaja muslim. Dalam sambutannya,  Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Gianyar Dewa  Nida menyampaikan bahwa kegiatan ini bukan dimaksudkan untuk menganjurkan para remaja menikah usia dini,  namun lebih kepada membatasi pergaulan lain agar tidak terjadi hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun pihak keluarga.

“Kabupaten Gianyar yang merupakan kota seni yaitu angka tamu luar yang datang terbilang sangat tinggi yang tentunya dapat berdampak pada dunia barat. Hal ini tentu saja membuat para orang tua cemas. Kami dari Kemenag Kabupaten Gianyar memiliki peran dalam memberikan pembinaan pra-nikah ini”. Beliau juga menjelaskan jika dalam dunia islam, tidak dikenal istilahnya pacaran. Islam juga sangat indah mengatur hubungan lain jenis. Karena hubungan yang sah adalah hubungan yang sudah terikat perkawinan.

 “Usia puber memang usia dengan rasa keingintahuan yang cukup tinggi. Dari situ segala aspek tubuh juga ikut berkembang. Meskipun di usia ini memang undang-undangnya membolehkan menikah, namun dalam pernikahan tidak cukup ijab kabul saja. Ada hal yang lebih kompleks yang nanti bakal dihadapi. Dan itu perlu kematangan agar nantinya tidak menambah angka perceraian,””ungkap Dewa Nida”. Ungkapan Dewa Nida ditegaskan pula oleh Nasihuddin yaitu menekankan bahwa usahakanlah pernikaan itu 1 kali seumur hidup. (pmt)