Berita

Pengelolaan Penilaian Pembelajaran

108 dilihat
Pengelolaan Penilaian Pembelajaran

(KanKemenag Kab. Jembrana) Balai Pendidikan Dan Pelatihan Keagamaan (BDK) Denpasar, menyelenggarakan Diklat Teknis Substantif Pengeloaan Penilaian Pembelajaran pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana yang dilaksanakan dari tanggal 12 s/d 17 Pebruari 2018 bertempat digedung sekretariat bersama FKUB.

 

Diklat yang diikuti oleh 40 orang peserta berasal dari seluruh perwakilan guru Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana.

 

Kepala Sub Bagian Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana I Gusti Komang Budi Santika, S.Ag., M.Si dalam sambutannya saat membuka diklat menyampaikan bahwa pendidikan dan pengajaran bukan bertujuan untuk mengasah kemampuan kognitif saja, tetapi juga mengasah kemampuan affektif (sikap dan tingkahlaku), serta kemampuan psikomotorik (kemampuan melakukan sesuatu).

 

“sudah tidak zamannya lagi seorang guru mengajar hanya untuk mentransfer atau memindah materi pelajaran “ke-kepala” anak didik, tetapi juga harus mampu untuk mengembangkannya, sehingga mereka menjadi orang yang peduli dan memahami orang lain”, terangnya.

 

Prinsip pembelajaran yang dikembangkan oleh Badan pendidikan Dunia UNESCO yang dikenal sebagai empat pilar pembelajaran yaitu : learning to know (belajar untuk mengetahui), learning to do (belajar untuk mampu berbuat), learning to be (belajar untuk membangun jati diri) dan learning to life together (belajar untuk hidup berdampingan secara damai).

 

Sedangkan Departemen Pendidkan Nasional (Diknas) menyempurnakan program pendidikan pengajaran dengan berbagai pendekatan diantaranya, konsep Manajemen Berbasis Sekolah (school based management) pembelajaran kontektual (contextual learning), pendidikan berbasis luas (broad based educational – BBE), dan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup (life skill) (Depdiknas 2002).(@)

Galeri Foto