Berita

Penguatan Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Melalui Diklat Dharma Gita KKG Kecamatan Karangasem

60 dilihat

Bertempat di SD Negeri 5 Subagan, Kelompok Kerja Guru (KKG) Kecamatan Karangasem menyelenggarakan Diklat Dharma Gita dengan 84 orang peserta yang berasal dari Guru Agama Hindu se Kecamatan Karangasem. Kegiatan ini bertujuan untuk menguatkan pendidikan berbasis kearifan lokal menuju terwujudnya guru profesional. Dengan demikian kegiatan ini merupakan upaya dari KKG Kec. Karangasem untuk meningkatkan kualitas SDM Guru Agama Hindu guna menjawab tantangan perkembangan kekinian dewasa ini. Hadir dalam kegiatan tersebut Dr. Ni Nengah Rustini, M.Ag sebagai narasumber.

Acara dibuka oleh ketua panitia yang dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karangasem, Dr. Ni Nengah Rustini, M.Ag. Kementerian Agama akan terus memberikan dukungan dan fasilitas kepada guru-guru agama Hindu baik secara individual maupun melalui lembaga atau forum seperti Kelompok Kerja Guru. Dalam pelaksanaan tugas, Guru Agama Hindu agar mengamalkan lima budaya kerja kementerian agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggungjawab, dan keteladanan, demikian beliau sampaikan dalam kesempatan tersebut.

            Dalam kegiatan yang direncanakan selama 4 hari dari tanggal 12 s.d. 15 Juli 2017 ini, peserta akan diberikan materi terkait penguatan pendidikan berbasis kearifan lokal dalam bentuk Dharma Gita. Dharma Gita merupakan salah satu media kesenian yang sangat menunjang peningkatan pemahaman ajaran agama Hindu sehingga dapat meningkatkan kesucian rohani. Melalui penguasaan Dharma Gita ini, diharapkan penyampaian pesan-pesan agama Hindu kepada peserta didik akan lebih menarik dan mampu terserap dengan baik karena berbalut budaya dan seni. Dengan demikian, pemahaman, penghayatan, dan pengamalan ajaran Agama Hindu pada peserta didik akan semakin meningkat.