Pengumuman Baru
  • 07:00 *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 07:00 *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1939*

Permudah Akses Layanan Keagamaan, Kanwil Bali Kembangkan Taksu

Permudah Akses Layanan Keagamaan, Kanwil Bali Kembangkan Taksu

Bali (Kemenag) --- Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali mengembangkan inovasi baru dalam melayani masyarakat. Inovasi bersis teknologi informasi ini bernama Taksu atau Teknologi Pelayanan Pendidikan, Agama, dan Keagamaan Terpadu Satu Pintu. 

Kakanwil Kemenag Provinsi Bali I Nyoman Lastra mengatakan, Taksu adalah suatu aplikasi yang digunakan pada Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) guna memudahkan pelayanan agar lebih cepat dan efisien. Taksu dirilis bersamaan dengan launching PTSP oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

“Aplikasi ini dibuat berdasarkan kaji terap Tim IT Kemenag Bali saat studi banding ke Kanwil Kemenag Yogjakarta. Kami adaptasikan dengan pelayanan yang biasa kami lakukan di Bali,” terangnya di Denpasar, Kamis (04/10).

Menurut I Nyoman Lastra, kehadiran Taksu karena ingin masyarakat sebagai pengguna dapat dengan mengakses layanan yang tersedia di PTSP Kemenag Bali. Untuk itu, sejak login kali pertama, daftar layanan langsung ditampilkan. 

“Jadi fokus aplikasi ini kepada layanan sebagai menu utama,tanpa harus memberikan banyak tombol dan alur kerja aplikasi yang memusingkan pengguna,” tuturnya.

Taksu hadir dengan logo berupa Keris terbalik dalam suatu lingkaran tasbih. Logo ini memiliki makna filosifis. Keris merupakan senjata tradisional nusantara yang menggambarkan ketajaman ilmu pengetahuan dan teknologi. “Dalam logo Taksu ini juga digambarkan Keris dengan lekuk lima mencerminkan lima nilai budaya kerja Kementerian Agama RI,” ujar I Nyoman Laksa.

Sementara itu, bentuk lingkaran mencerminkan bahwa PTSP Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali merupakan satu kesatuan sistem yang tidak terpisahkan. Lingkaran terbentuk dari butiran tasbih/ginitri sebagai sarana peribadatan yang melambangkan kesucian. 

“Taksu ini sendiri dalam masyarakat Bali memiliki makna yang cukup dalam yaitu berwibawa, sehingga diharapkan Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali memiliki wibawa atau karisma yang baik di tengah masyarakat. Taksu ini merupakan buah hasil kerja keras para ASN Pranata Komputer yang dimiliki oleh Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali,” tandasnya.

Penulis: Sania

Editor: Khoerun

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar