Pengumuman Baru
  • 07:00 *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 07:00 *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1939*

Kanwil Kemenag Bali Sambut Hari Penggunaan Busana Adat Bali

Kanwil Kemenag Bali Sambut Hari Penggunaan Busana Adat Bali Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali Sambut Penerapan Penggunaan Busana Adat setiap hari Kamis

(Inmas Bali) Sesuai dengan instruksi Gubernur Bali nomor 2331 Tahun 2018 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali menetapkan bahwa setiap hari Kamis seluruh ASN mapun siswa madrasah untuk menggunakan pakaian adat. Keputusan ini sesuai dengan instruksi yang tertuang yaitu tentang Pelaksanaan Peraturan Gubernur Bali nomor 79 Tahun 2018 tentang Hari Penggunaan Busa Adat Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Pelindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara, dan Sastra Bali Serta Penyelenggaraan Bulan Bahasa Bali secara serentak di seluruh Bali. Rabu, 10 Oktober 2018 Plt. Kabag TU Drs. H. Saefuddin, M.PdI melakukan kordinasi dengan seluruh Kabid, Pembimas, dan Kasubbag dimana hasil keputusannya menyatakan bahwa seluruh ASN yang beragama hindu untuk menggunakan pakaian adat sesuai aturan dalam instruksi gubernur, sedangkan untuk ASN Kementerian Agama laki laki yang beragama Islam menggunakan baju koko, peci hitam dan bawahan celana, sedangkan wanitanya menggunakan atasan kebaya berhijab dan bawahan menyesuaikan. Sementara bagi umat lainnya dapat menggunakan pakaian atau kain daerah masing-masing.

“Meskipun belum 100% yang penting ada pergerakan dulu”  ungkap saefuddin saat rapat hari Rabu lalu. Walaupun belum mampu dipatuhi oleh seluruh ASN di seluruh Bali Saefuddin mengungkapkan bahwa kita harus mampu menjadi contoh. Keputusan ini akan diterapkan dalam surat edaran dimana tertuang batas waktu seluruh ASN harus wajib mengenakan pakaian adat. Kamis Busana Adat Bali tidak hanya mewarnai seluruh Kantor Kementerian Agama kabupaten kota se-Bali tetapi juga bertahap seluruh siswa siswi madrasah menggunakan busana adat sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Suasana berbeda pun terlihat pada Kamis, 11 Oktober 2018 Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali begitu berwarna. Hampir seluruh ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali mengenakan pakaian adat. Perbedaan dalam kebersamaan dan kebersamaan dalam perbedaan begitu Nampak. Tidak ada perbedaan agama, suku, adat, dan budaya justru aturan mengenakan busana adat ini menjadi warna tersendiri.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar