Pengumuman Baru
  • 07:00 *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 07:00 *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1939*

176 orang ikuti SKB Kementerian Agama Provinsi Bali

176 orang ikuti SKB Kementerian Agama Provinsi Bali Peserta SKB Mengikuti Psikotest (Foto by Sania)

(Inmas Bali) 176 orang calon Aparatur Sipil Negara Kementerian Agama Provinsi Bali yang berhak mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang, Senin 17 Desember 2018 mengikuti psikotes di Hotel Puri Nusa Indah Denpasar. Mereka memperebutkan 82 formasi yang tersebar pada seluruh satuan kerja pada Kementerian Agama Provinsi Bali. Dari 186 orang yang dinyatakan berhak mengikuti SKB terdapat 10 orang yang tidak hadir mengikuti psikotes.

SKB sendiri terdiri dari tiga tahap yaitu psikotes, ujian praktek dan wawancara. Ujian praktek menguji kemampuan dari peserta pada bidang formasi yang dipilih, sementara tes wawancara mereka diberikan pertanyaan secara online melalui aplikasi SIKURMA, dimana pertanyaan yang diajukan meliputi wawasan kebangsan dan juga keagamaan. Ketiga hasil inilah nanti yang akan menentukan apakah mereka berhak menjadi ASN pada Kementerian Agama atau tidak. Untuk Kementerian Agama Provinsi Bali psikotes dilaksanakan pada tanggal 17 Desember sementara untuk ujian praktik dan wawancara dibagi menjadi dua hari yaitu tanggal 18 dan 19 Desember. 

Obyketifitas penguji dan pewawancara sendiri telah diambil sumpahnya dan telah menandatangani pakta integritas pada hari Sabtu, 15 Desember 2018. Bahkan wawancara sendiri menggukan aplikasi yang telah merekam hasilnya pada server data di Kementerian Agama RI. Hal ini menunjukkan keterbukaan dalam recruitment ASN.

Namun dari pantauan inmas Bali dari dua hari proses ujian praktik dan wawancara ada peserta tes yang tidak hadir, yaitu pada tanggal 18 Desember 2018 dari 103 orang peserta tes terdapat 3 orang tidak hadir dan pada tanggal 19 Desember dari 83 orang peserta terdapat 8 orang tidak hadir. Hal ini otomatis menggugurkan kesempatan mereka untuk menjadi ASN pada Kementerian Agama.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali I Nyoman Lastra, S.Pd, M.Ag memantau jalannya SKB ini dengan seksama. Setiap harinya I Nyoman Lastra mengawasi jalannya tes dan beliau juga memiliki harapan besar bagi calon CASN ini benar-benar memiliki kualitas yang baik tidak hanya mampu cerdas intelektual tetapi juga cerdas secara emosional.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar