Berita

Tingkatkan Pengetahuan Agama Kemenag Karangasem Gelar Lomba Dharma Wacana

34 dilihat

AMLAPURAUntuk meningkatkan pengetahuan agama serta keagamaan kalangan generasi muda, Kantor Kementerian Agama Kab. Karangasem menggelar lomba Dharma Wacana tingkat SMP dan SMA se-Kabupaten Karangasem, pada Sabtu (10/3) dan Minggu (11/3) 2018 di Wantilan Kantor Bupati Karangasem.

Kegiatan lomba yang diikuti  32 peserta SMP dan 32 peserta SMA tersebut, dibuka oleh Kepala Kantor Dr. Ni Nengah Rustini, M.Ag yang didampingi oleh Kasi Penda Hindu I Wayan Serinada, S.Pd, M.Si pada (10/3) dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya beliau mengatakan, kegiatan lomba Dharma Wacana merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan agama dan keagamaan Agama Hindu di kalangan generasi muda. Sehingga kedepannya generasi muda memiliki kemampuan akademik, akhlak mulia dan akal budi yang bersih.

Dalam bidang pendidikan agama Hindu, kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan para guru agama Hindu di Kabupaten Karangasem telah mengimplemetasikan materi pelajaran agama Hindu kepada peserta didik. Memberikan pengajaran kepada peserta didik tidak hanya teori saja, para guru juga harus menjadi contoh dalam praktik bertingkah laku yang baik bagi anak didiknya, “Ucap Beliau.­

Sementara itu Kasi Penda Hindu I Wayan Serinada, S.Pd, M.Si menambahkan  para juara lomba yang terpilih, akan melaju ke provinsi. Juara I sampai dengan V Lomba Dharma Wacana akan dibina secara khusus untuk selanjutnya 2 orang peserta SMP dan SMA terbaik akan dikirim untuk mewakili lomba ke tingkat Provinsi", jelasnya.   

Harapanny dengan diadakannya lomba darma wacana, generasi muda dapat memiliki karakter religious, nasionalis, mandiri, gotong – royong dan bewawasan kebangsaan, serta dapat melestarikan budaya Bali yang tidak terlepas dari ajaran Agama Hindu.