Kemenag ajak DMI Kota Denpasar membina kerukunan umat

Kemenag ajak DMI Kota Denpasar membina kerukunan umat

Plt Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, I Ketut Ariawan, SH., M.Pd.H didampingi oleh Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, H. Aminullah, S.Ag di Kantor Kemenag Kota Denpasar menyambut kunjungan audiensi Pengurus Harian Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Denpasar    di aula kantor Kementerian Agama Kota Denpasar,  Selasa (8/9/20).

Dalam pertemuan itu, Mardi Soemitro selaku ketua umum PD DMI Kota Denpasar periode 2020-2025, selain memperkenalkan kepengurusan juga menyampaikan program-program yang akan dilaksanakan selama masa bakti lima tahun kedepan. Tiga program utama PD DMI sebagai adalah.

1. Penguatan internal pengurus Masjid dan sosialisasi eksternal masyarakat dan seluruh stakeholder kaling, kades, camat, muspika (menyama braya)

2.Tata kelola manajemen masjid profesional.

3. Pengembangan ekonomi umat berbasis masjid.

Selain tiga program tersebut, Mardi Soemitro juga menyiapkan aplikasi Masjid Mobile untuk memudahkan umat dalam mengakses informasi tentang masjid/musalla se-Kota Denpasar. Akan tetapi, aplikasi tersebut masih perlu dimatangkan sebelum diluncurkan pada masyarakat.

Dewan Masjid Indonesia Kota Denpasar merupakan mitra strategis pemerintah dalam menjalankan program-program pembangunan mental spiritual kerukunan dan ekonomi umat yang sudah dicanangkan. “Kami DMI Kota Denpasar siap bersinergi dan menjadi mitra strategis dalam menjalankan dan menyukseskan program-program pemerintah,” ungkap Mardi Soemitro.

Sementara itu, Plt. Ka. Kankemenag mengajak dan mengharapkan DMI Kota Denpasar dapat menjadi penggerak masjid/musala dalam menjaga kerukunan umat beragama, terutama di Kota Denpasar dan menjadi percontohan untuk kota-kota lainnya. Selain itu juga membantu pemerintah dalam menyukseskan program-program kerja pemerintah, terlebih di masa pandemi saat ini. Diharapkan pula dapat mengedukasi masyarakat dalam penanggulangan dan pencegahan penyebaran Covid-19. Mengingat pada saat ini penyebaran Covid-19 masih terbilang tinggi dan membutuhkan kesadaran bersama untuk menekan penyebaran dan memutus mata rantai virus tersebut. Oleh karena itu, semua pihak sangat diharapkan dapat bekerjasama mengedukasi pencegahan sesuai protocol kesehatan serta menanggulangi dampak ekonomi  dampak sosial wabah tersebut.

Dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, rangkaian acara tersebut berlangsung lancar baik saat perkenalan pengurus, penyampaian program-program selama lima tahun kedepan, penyampaian ajakan dan harapan dari Plt. Ka. Kankemenag pada DMI Kota Denpasar untuk membantu mensukseskan program-program pembangunan bidang agama dan kerukunan umat beragama dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Anwar Hidayat)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar