Bolehkan Mengqada Puasa Syawal di Bulan Lain ?

Bolehkan Mengqada Puasa Syawal di Bulan Lain ?

Repost by Instagram Account Bimas Islam Kemenag RI (@bimasislam)

Meski puasa enam hari di bulan Syawal sangat dianjurkan, namun terdapat sebagian orang yang tidak bisa melakukan puasa Syawal karena ada udzur tertentu, seperti sakit dan lainnya. Jika tidak bisa puasa, enam hari di bulan Syawal, apakah boleh mengqadanya di bulan lain, seperti mengqadanya di bula Dzulqa'dah?

Menuru para ulama, mengqadah puasa Syawal di bulan lain, seperti mengqadahnya di bulan Dzuqa'dah, hukumnya boleh. Jika tidak bisa puasa enamm hari di bulan Syawal, maka tidak masalah mengqadanya di bulan lain. Bahkan menurut Syaikh Al-Nawawi, mengqada puasa enam hari di bulan Syawal adalah dianjurkan.  Karena itu, bagi orang yang tidak bisa puasa enam hari di bulan Syawal karena sebab tertentu, seperti sakit, dan sebab lainnya, maka tidak masalah mengqadanya di bulan lain dan sangat dianjurkan untuk mengqadanya di bulan Dzulqa'dah.

Keempat adalah puasa sunnah enam hari di bulan Syawal. Ini berdasarkan hadis: Siapa yang berpuasa Ramadan, lalu mengiringinya dengan enam hari puasa di bulan Syawal, ia seakan puasa setahun penuh. 

Selengkapnya dapat diakses melalui link berikut ini: https://www.instagram.com/p/CPNfsXrME2C/?utm_medium=copy_link


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar