Dialog Kerukunan Umat Beragama Kota Denpasar

Dialog Kerukunan Umat Beragama Kota Denpasar

Kamis (10/6) pagi tadi, Kantor Kementerian Agama Kota Denpasar, Satker Sekjen menyelenggarakan kegiatan Dialog Kerukunana Umat Beragama di Wisma Sejahtera Kementerian Agama Provinsi Bali. Kegiatan ini dihadiri sekaligus dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota, Bapak I Gusti Agung Gede Manguningrat didampingi Ka. Subbag TU, Ibu Ni Luh Gede Sariti beserta jajaran Humas. Kegiatan ini dihadiri oleh 20 peserta dari berbagai perwakilan umat di Kota Denpasar dengan menghadirkan dua narasumber dari Kesbangpol Kota Denpasar, Bapak A.A Gede Raka Wiadnyana, SH., MH dan Ketua FKUB Kota Denpasar, Bapak Prof. Dr. I Nyoman Budiana, SH., M.Si. Disiplin protokol kesehatan telah diterapkan selama kegiatan berlangsung.

Kepala Kantor dalam arahannya menyampaikan, diadakannya kegiatan ini sebagai wujud dalam menggaungkan moderasi beragama di seluruh kalangan masyarakat. Kita adalah bangsa Indonesia yang memiliki keanekaragaman dan ciri khas masing-masing mulai dari suku, agama, adat istiadat yang hendaknya menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila demi terwujudnya suatu kerukunan antar umat. Adanya sikap saling menghormati, menghargai, toleransi, anti kekerasan dan cinta kasih antar umat beragama, yakin kita mampu mewujudkan moderasi beragama menuju kerukunan. Sehingga melalui kegiatan Dialog KUB ini, peserta yang hadir mampu menjadi narahubung dalam menebarkan dan menggaungkan moderasi beragama dilingkungan masyarakat.

Dilanjutkan penyampaian materi narasumber dari Kesbangpol Kota Denpasar, Bapak A.A Gede Raka Wiadnyana, SH., MH, yang menyampaikan dengan diadakannya kegiatan ini agar diperoleh suatu pemikiran dan pemahaman yang nantinya dapat kita terapkan di Kota Denpasar untuk bisa menjaga situasi dan kondisi yang selalu kondusif, kepada peserta yang hadir, saya titipkan agar bisa sebagai corong untuk terciptanya kerukanan umat beragama di Kota Denpasar. Penyampaian materi terakhir disampaikan oleh narasumber dari Ketua FKUB Kota Denpasar, Bapak Prof. Dr. I Nyoman Budiana, SH., M.Si, beliau menyampaikan KUB sebgaai lembaga independent dan lintas agama bersinergi dengan pemerintah dalam upaya untuk membangun kerukunan, rasa solidaritas sebagai wadah menampung aspirasi dari semua umat khususnya di Kota Denpasar sehingga mampu terwujudkan kerukunan antar umat beragama. Pada kesempatan ini, para peserta dan narasumber saling berdiskusi dan sharing, upaya-upaya dalam mewujudkan kerukunan umat beragama, serta diharapkan sinergitas bersama baik dari unsur masyarakat, majelis-majelis agama maupun pemerintah untuk terus menggaungkan moderasi beragama demi terciptanya suatu kerukunan. (kd) #SantihMelayani

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar