Benarkah Anjuran Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha Hanya Berlaku Bagi yang Berkurban?

Benarkah Anjuran Tidak Makan Sebelum Shalat Idul Adha Hanya Berlaku Bagi yang Berkurban?

Di media sosial, pernah ada seorang ustadz menyampaikan bahwa anjuran tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha hanya berlaku bagi orang yang hendak berkurban saja. Sementara orang yang tidak berkurban, maka ia tidak terkena anjuran ini.

Tentu hal ini membuat sebagian orang bertanya-tanya karena selama ini yang beredar di kalangan masyarakat adalah anjuran tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha berlaku bagi orang yang hendak melaksanakan shalat Idul Adha, baik ia mau berkurban atau tidak. Karena itu, pertanyaannya adalah apakah benar anjuran tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha ini hanya berlaku bagi orang yang hendak berkurban saja?

Mengenai masalah ini, memang ada perbedaan pendapat di kalangan para ulama. Menurut ulama Syafiiyah, seseorang dianjurkan tidak makan atau imsak sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, baik ia mau berkurban atau tidak. Anjuran tidak makan ini tidak berkaitan dengan kurban, melainkan berkaitan dengan pelaksanaan shalat Idul Adha.

Oleh karena itu, menurut ulama Syafiiyah, selama seseorang hendak melaksanakan shalat Idul Adha, baik dia mau berkurban atau tidak, maka dia terkena anjurna ini. Ia dianjurkan untuk tidak makan sebelum melaksanakan shalat Idul Adha, baik dia mau berkurban atau tidak. 

Nabi Saw tidak keluar menuju lapangan di hari Idul Fitri hingga beliau makan dulu. Dan beliau tidak makan di hari Idul Adha hingga beliau selesai melaksanakan shalat.

Teks hadis ini menunjukkan bahwa Nabi Saw tidak makan di hari Idul Adha hingga beliau shalat. Karena itu, ulama Syafiiyah mengaitkan anjuran tidak makan di hari Idul Adha dengan pelaksanaan shalat Idul Adha, bukan dengan kurban. 

Sementara menurut ulama Hanafiyah dan Hanabilah, anjuran tidak makan atau imsak di hari Idul Adha berkaitan dengan kurban, bukan pelaksanaan shalat Idul Adha. Oleh karena itu, jika seseorang tidak akan berkurban, maka ia tidak terkena anjuran ini meskipun ia hendak melaksanakan shalat Idul Adha. Sebaliknya, jika seseorang hendak ia berkurban, maka dianjurkan untuk tidak makan terlebih dulu sebelum melaksanakan shalat Idul Adha.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar