Pengumuman Baru
  • 15:01 WITA http://lkp.kemenagjembrana.com/laporan

Kepala Kankemenag Kabupaten Jembrana Berbagi bersama UPZ Al Ikhlas

Kepala Kankemenag Kabupaten Jembrana Berbagi bersama UPZ Al Ikhlas Kepala Kankemenag Kabupaten Jembrana Berbagi bersama UPZ Al Ikhlas

Disela-sela kesibukan dinas dan bertepatan dengan kunjungan Tim Itjen Kementerian Agama RI, pada hari Jum’at tanggal 10 September 2021, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana berkesempatan mengadakan home visit kepada beberapa anak asuh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) al Ikhlas yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana.

UPZ al Ikhlas sampai saat ini telah memiliki 30 orang anak asuh yang tersebut diseluruh wilayah Jembrana. Tidak kurang dari 4,5 juta per bulan berhasil disalurkan kepada anak asuh tersebut. Dana tersebut berasal dari infaq, shodaqoh dan zakat para pegawai muslim Kementerian Agama yang gajinya dibayarkan melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana. Dari keseluruhan dana ZIS yang dihimpun selanjutnya UPZ al Ikhlas diberikan hak mengelola sebesar 50 % sedangkan sisanya lagi disetorkan ke BAZNAS Kabupaten Jembrana.

Dalam kesempatan kunjungan dan bertemu langsung dengan anak asuh di rumah masing-masing maka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Jembrana sekaligus melihat langsung kondisi riil anak asuh. Tampak ada rasa simpati, empati saat beliau menyapa anak-anak asuh tersebut, ‘kita harus bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa setelah melihat kondisi anak-anak tersebut dan UPZ sudah sangat tepat memberikan santunan kepada mereka” ujarnya sambil menahan rasa haru yang sangat.

Kepada anak-anak asuh beliau dengan antusias memberikan bimbingan dan semangat untuk teruk belajar dan belajar mengejar cita-cita dan harapan jangan sampai berputus asa. ‘kamu tidak sendirian, ada Bapak disini, ada ibu-ibu pengurus UPZ yang akan mendampingi. Jadilah burung-burung yang bersayap tebal dan lebar sehingga suatu saat bisa terbang tinggi nan jauh’, demikian beliau memberikan gambaran. 

Dan memang visi dan misi UPZ Al Ikhlas adalah focus memberikan santunan kepada anak-anak kurang mampu namun masih mau bersekolah baik negeri maupun swasta. Status sebagai siswa bahkan menjadi syarat utama untuk diberikan santunan. Karena UPZ al Ikhlas memandang pendidikan adalah pintu utama untuk bisa merubah kondisi dan keadaan yang saat ini dialami olah para anak asuh. Dan Home Visit adalah salah satu strategi UPZ al Ikhlas dalam penyaluran santunan untuk selalu mengetahui perkembangan yang terjadi pada anak asuh. Dengan Home Visit sekaligus Pengurus UPZ Al Ikhlas menghadirkan diri sebagai teladan dan model bahwa dengan bersekolah terus maka akan membuka harapan bahwa suatu saat mereka akan bisa seperti bapak dan ibu Pengurus UPZ itu. Amiin Ya Robbal Alamin..

Tumbuhlah seperti burung-burung itu..

Kepakkan sayapmu terbang jauh mengarungi Nusantara dan Dunia..


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar