Sekilas Tentang Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem

Kementerian Agama sebagai leading sektor pemerintah dibidang pembangunan agama mempunyai tugas menyelenggarakan urusan dibidang keagamaan dalam pemerintahan untuk membantu Presiden dalam menyelenggarakan pemerintahan negara. Demikian juga Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem sebagai instansi vertikal Kementerian Agama yang berada di Kabupaten Karangasem dalam wilayah Provinsi Bali, menyelenggarakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah Kabupaten Karangasem berdasarkan kebijakan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali dan ketentuan peraturan perundang-undangan.

          Dalam menyelenggarakan tugas dan fungsinya, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem menjalin koordinasi dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem dan instansi terkait lainnya dalam menunjang kelancaran pelaksanaan tugas demi suksesnya pembangunan nasional. Terlebih dengan prestasi yang diraih Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem sebagai salah satu kantor yang meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), maka setiap pegawai yang ada dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem dituntut untuk selalu menampilkan kinerja yang terbaik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan Visi dan Misi yang diemban oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem.


Sejarah Singkat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem

 

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem berdiri Tahun 1954 yang  pada awal berdirinya belum memiliki gedung permanen sehingga meminjam tempat di Kantor Pos Karangasem dengan nama Departemen Agama. Menjabat sebagai Kepala Kantor  Departemen Agama yang pertama Ida Pedanda Gede Wayan Pidada dari Geriya Sindu, Karangasem. Tahun 1963 ketika Gunung Agung meletus, Departemen Agama Kab. Karangasem pindah berkantor dari Kantor Pos Karangasem ke Ulakan,tepatnya di sebelah pasar Ulakan. Selanjutnya pada tahun 1967 Kantor Departemen Agama pindah lagi dari Ulakan ke Puri Kanginan Karangasem. Tahun 1969 kantor Departemen Agama Kabupaten Karangasem pindah dari Puri Kanginan ke Lembu Agung (Jl. Sultan Agung, Amlapura), dipimpin oleh Ida Bagus Pidada Adnyana. Tahun 1973 kantor pindah dari Lembu Agung ke Susuan (Jl. Ngurah Rai, Amlapura). Setelah mengalami perjalanan yang panjang dan berpindah-pindah, akhirnya pada Tahun 1980 Kantor Departemen Agama Kabupaten Karangasem memiliki gedung sendiri yang berlokasi di Jl. Untung Surapati No. 10 Amlapura.Dalam penjalanan sejarah, nama Departemen Agama berganti menjadi Kantor Kementerian Agama. Pergantian penyebutan nama Departemen Agama menjadi Kementerian Agama tersebut diatur dalam Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2010.


Kondisi Geografis

Secara administrasi, Kabupaten  Karangasem terbagi menjadi 8 (delapan) kecamatan, yaitu: Kecamatan Karangasem, Kubu, Abang, Manggis, Bebandem, Selat, Sidemen dan Rendang. Selain itu, Kabupaten Karangasem memiliki 3 (tiga) kelurahan, 52 (lima puluh dua) lingkungan, 500 (lima ratus) dusun, 78 (tujuh puluh delapan) desa dinas dan 190 (seratus sembilan puluh) desa pakraman.

Kabupaten Karangasem terletak di ujung timur Pulau Bali dengan luas wilayah ± 839.54 Km². Secara astronomis, Kabupaten Karangasem terletak pada 8?00’00”- 8?41’37,8” Lintang Selatan dan 115?35’9’8”-115?54,’89” Bujur Timur. Bagian utara berbatasan dengan laut Bali, bagian selatan berbatasan dengan Samudra Indonesia, bagian barat berbatasan dengan Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Buleleng, sedangkan bagian timur berbatasan dengan Selat Lombok. 

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar