KAKANKEMENAG MONEV DI PASRAMAN SURYA GITA MAHOTTAMA

KAKANKEMENAG MONEV DI PASRAMAN SURYA GITA MAHOTTAMA

Amlapura, Senin 17 Mei 2021, Kakankemenag Kab. Karangasem, Drs. Ida Bagus Mastika, M. Fil. H., didampingi Plt. Kasi Pendidikan Agama Hindu dan Pelaksana pada Seksi Pendidikan Agama Hindu Melaksanakan monitoring dan evaluasi di Pasraman Surya Gita Mahottama, Br Cangwang, Desa Bunutan Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem.

Dalam kegiatan monev tersebut Kakankemenag memberikan pembinaan kepada 30 orang sisya Pasraman Surya Gita Mahottama yang memprioritaskan pada pembuatan sarana upakara. Beliau memberikan apresiasi kepada pengurus pasraman dan juga sisya yang terpantau sedang tekun mempraktekan pembuatan upakara biyakala, durmanggala dan prayascita, sebagai salah satu tindakan nyata dalam menjaga keAjegan Hindu Bali. 

Ditekankan pula betapa pentingnya kegiatan seperti ini dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan untuk menjaga Ajeg Bali berupa adat budaya tradisi yang merupakan warisan nenek moyang kita. Agar jangan sampai menjaga Ajeg Bali hanya pada tataran wacana saja tapi lebih kepala aplikatif/pelaksanaannya.

"Budaya, adat, tradisi dresta setempat yang sudah pasti tidak bertentangan dengan ajaran weda patut dilestarikan dan ditingkatkan dari segi pemahaman tatwanya" imbuh beliau.

Kegiatan monev juga dihadiri oleh Klian dan Pemangku Banjar Adat Cangwang, dilaksanakan dengan tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid 19.


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar