PAKELING ( PENYULUHAN KELILING DAN KONSELING) INOVASI LAYANAN KANKEMENAG KAB.KARANGASEM

PAKELING ( PENYULUHAN KELILING DAN KONSELING) INOVASI LAYANAN KANKEMENAG KAB.KARANGASEM

Amlapura, Selasa 8 Juni 2021 bertepatan dengan rahina atau hari suci Anggara Kliwon Wuku Tambir Pangelong 14 Sasih Kesadha, Bertempat di Pura Pemaksan Anyar Batur Hyang Bulan, Desa Adat Muntig, Desa Tulamben, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Karangasem gelar pelayanan jemput bola melalui Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama Hindu Melalui Seni Pertunjukan Bondres yang digawangi oleh Kelompok Kerja Penyuluh Agama Hindu Kankemenag Kab. Karangasem.

Kegiatan Bimbingan dan Penyuluhan Agama Hindu Melalui Seni Pertunjukan Bondres merupakan salah satu inovasi layanan unggulan Kankemenag Kab. Karangasem dalam mempertahankan predikat ZI, WBK menuju WBBM. Kegiatan direncanakan menyasar 8 Kecamatan di Kabupaten Karangasem, dengan mengusung tema kegiatan  “Mari Kita Wujudkan Umat Hindu Yang Cerdas, Moderat dan Unggul Menuju Indonesia Maju” kegiatan ini diharapkan mampu mengkampanyekan  moderasi beragama dan menjaga kerukunan di Kabupaten Karangasem.

Keliang Pura, I Made Suteja, melalui sambutanya memberikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini serta berharap agar kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan mampu dilaksanakan di tempat lain guna meningkatkan sradha dan bakti terkait ajaran agama Hindu.  Selanjutnya Kasi Ura Hindu Dr. Ida Made Pidada Manuaba, S.Ag, M.Si menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai implementasi Program Inovatif PEKELING (penyuluhan keliling dan konseling) pada seksi Urusan agama hindu Kantor kementerian Agama Kabupaten Karangasem,  dalam kesempatan itu kasi ura juga menyampaikan maklumat  pelayanan Kankemenag Kab. Karangasem yaitu melayani dengan  HATI dan RAPI. Dimana HATI adalah Humanis, Aspiratif, Terukur, Inspiratif. Sedangkan RAPI adalah Religius, Akuntable, Profesional, Integritas. Dengan landasan konsep “ngayah” 

Beliau juga berharap agar umat Hindu mampu meningkatkan pemahaman  ajaran agamanya dengan baik, sehingga moderasi beragama dapat terwujud dalam rangka menciptakan umat beragama yang moderat, cerdas dan unggul serta kerukunan umat beragama di Indonesia pada umumnya dapat terpelihara dengan baik. 

Selanjutnya Kasi Ura Hindu menghimbau agar tetap disiplin mematuhi prokes covid 19 dengan menerapkan 5 M.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar