SAMBUT RAMADHAN PEGAWAI KEMENAG KLUNGKUNG GELAR DO'A

SAMBUT RAMADHAN PEGAWAI KEMENAG KLUNGKUNG GELAR DO'A

Semarapura, 9 April 2021
Ramadhan, sebuah bulan nan suci  yang kehadirannya selalu dinanti-nantikan setiap insan muslim di Indonesia bahkan seluruh dunia, tak terkecuali keluarga besar muslim Kementerian Agama Kab. Klungkung.

Meskipun dalam kesederhanaan, hari ini kegiatan doa bersama menyambut Ramadhan yang biasa disebut Megengan/Ruwahan digelar sebagai bentuk rasa syukur, menjalin silaturahmi dan  perasan senang (fariha) akan datangnya Ramadhan.

Kegiatan diawali dengan Pembacaan Tahlil dan Do'a oleh Kasi Bimas Islam, H. Maarif. Selanjutnya taushiyah menyambut Ramadhan disampaikan oleh Kasi Pendis, H. Agus Radiman.

Berikut uraian singkat bagaimana kita seharusnya menyambut Ramadhan;

Pertama adalah persiapan fisik, karena puasa adalah ibadah fisik yang membutuhkan kesehatan yang prima.

Kedua persiapan mental dan keimanan. Sebagaimana diketahui iman bisa bertambah dan sebaliknya bisa menurun. Bagaimana kita sebulan penuh menjaga iman tersebut, tidak hanya diawal puasa.

Ketiga adalah ersiapan ilmu. Jangan sampai kita puasa tanpa pahala hanya mendapatkan lapar dan haus, harus niat karena Allah mengharap ridho-Nya, perbanyak amal saleh,  hindari perbuatan yang tidak perlu, misal berghibah.

Terakhir adalah persiapan finansial. Uang, harta sangatlah penting untuk menafkahi  keluarga, anak dan istri dan juga berinfaq/bersedekah kepada orang lain.

Acara diakhiri dengan menikmati hidangan dan saling memaafkan. (Rj)

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar