Penyelenggara Buddha Pantau BIMMA "TERJEBAK RITUAL"

Penyelenggara Buddha Pantau BIMMA
Dalam masa pandemi dan PPKM Darurat, kegiatan peribadatan keagamaan di rumah ibadah ditiadakan. Karenanya banyak rumah ibadah melaksanakan kegiatan secara online (daring), salah satunya dengan menggunakan media ZOOM. Demikian pula berbagai organisasi keagamaan Buddha di Kabupaten Klungkung (Vihara, Pusdiklat, SMB Dharma Ratna, FIB dan Magabudhi) melaksanakan kegiatan “Bincang Dhamma (BIMMA)” secara virtual melalui ZOOM dan live streaming Youtube Vihara Dharma Ratna dengan mengusung tema "TERJEBAK RITUAL", pada Selasa malam (20/7/2021),.
Menurut pemantauan Penyelenggara Buddha yang turut hadir, dalam BIMMA Jilid ke-47 tersebut, YM. Bhikkhu Atthadhiro Thera selaku narasumber menyampaikan bahwa Ritual merupakan salah satu cara/metode untuk mendekatkan diri kepada Dhamma. Beliau juga memberikan penjelasan atas berbagai pertanyaan umat Buddha seputar praktik-praktik ritual pembacaan paritta, mempersembahkan puja, doa saat makan, doa kepada orang meninggal, dan praktik-praktik ritual keagamaan Buddha lainnya.
“Sebagai umat Buddha kita tidak lepas dari tata cara upacara, tetapi jangan sampai itu kita anggap sebagai tanpa ada dasar, sebisa mungkin kalau ada hal-hal yang anda lakukan tetapi anda tidak memahami apa yang saat ini anda lakukan, anda bisa bertanya, supaya tidak terjebak di dalam upacara-upacara. Karena upacara pada dasarnya adalah cara untuk mendekatkan diri kita kepada ajaran Sang Buddha. Seperti pujabhakti, meditasi, adalah cara untuk mendekatkan diri kita kepada praktek Dhamma.”
Tak lupa beliau juga berpesan kepada umat Buddha agar, “Teruslah belajar, teruslah mendengar Dhamma, sebisa mungkin meskipun situasinya tidak memungkinkan, isilah pikiran dengan pikiran yang baik, berbicaralah yang menyenangkan, serta berbuat baik melalui jasmani sebaik mungkin kepada siapapun termasuk juga kepada diri sendiri.”
Beliau juga mendoakan, “Semoga kita semua sehat bahagia sejahtera, dan mengikuti protokol kesehatan, dengan membacakan paritta keberkahan.”
Sampai dengan acara selesai, peserta yang terpantau hadir sekaligus berpartisipasi aktif melalui ZOOM dan live streaming sebanyak 191 partisipan, dengan sebanyak 675 yang menonton via live streaming youtube dan 72 like.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar