Pendirian Pasraman Formal Dan Non Formal Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapaten Klungkung

Pendirian Pasraman Formal Dan Non Formal Oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabuapaten Klungkung

Dalam rangka membentuk masyarakat Hindu yang mempunyai kemampuan dan pengetahuan dalam bidang agama Hindu serta berkualitas dan berdaya saing,dibutuhkan pendidikan keagamaan Hindu serta berdasarkan Peraturan Menteri Agama tentang Pendidikan Keagamaan Hindu dalam Pendirian Pasraman Formal dan Non Formal pada Desa Pakraman, maka Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung memberikan pembinaan  terhadap perwakilan Bendesa se-Kabupaten Klungkung di Pura Kentel Gumi Kecamatan Banjarangkan Klungkung pada hari Rabu, 9 Mei 2018.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung ( Ida Bagus Made Oka Yusa Manuaba,S.H,M.Si) menyampaikan Pendidikan Keagamaan Hindu adalah jalur pendidikan Formal dan Non Formal dalam wadah Pasraman. Pasraman Formal adalah jalur pendidikan pasraman yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi sedangkan Pasraman Non Formal adalah jalur pendidikan di luar pasraman Formal yang dilaksanakan secara terstruktur. Tujuan adanya Pasraman ini adalah untuk menanamkan kepada peserta didik untuk memiliki Sradha dan Bhakti kepada Brahman (Tuhan Yang Maha Esa) dan  mengembangkan kemampuan, pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik untuk menjadi ahli ilmu Agama Hindu dan memiliki ilmu pengetahuan, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab terhadap pemahaman Weda.

Beliau juga menyampaikan syarat-syarat dalam Pendirian Pasraman Formal dan Non Formal  yakni syarat (1) Pendirian Pasraman formal wajib memperoleh izin dari Direktur Jenderal.(2) Pendirian Pasraman formal sebagaimana dimaksud pada ayat (1) harus memenuhi persyaratan administratif, persyaratan teknis dan kelayakan pendirian.(3) Persyaratan administratif sebagaimana dimaksud pada ayat (2) paling sedikit: a. Mengajukan permohonan pendirian Pasraman b. Penyelenggara Pasraman harus bernaung di bawah yayasan yang berbadan hukum dan memiliki struktur organisasi yang jelas c. memiliki struktur organisasi, Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART), dan pengurus d. Melampirkan pernyataan dan bukti kesanggupan untuk membiayai lembaga pendidikan tersebut untuk jangka waktu paling sedikit 3 (tiga) Tahun e. Yayasan seperti dimaksud pada nomor 2 bukan yayasan keluarga  f. memiliki nama pasraman yang bernuansa Hindu g. nama Pasraman wajib digunakan sebagai nama depan dan nama belakang wajib menggunakan istilah dalam agama Hindu  h. Nama Pasraman wajib mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu.

Sedangkan mengajukan permohonan pendirian Pasraman Non Formal Penyelenggara Pasraman harus bernaung dibawah lembaga dan atau yayasan yang berbadan hukum dan memiliki struktur organisasi yang jelas Memiliki AD/ART dan Pengurus , Lembaga atau yayasan dalam point 2 melampirkan pernyataan kesanggupan untuk membiayai lembaga pendidikan tersebut ,Lembaga dan atau yayasan seperti dimaksud pada nomor 2 bukan yayasan keluarga, Lembaga dan atau yayasan seperti dimaksud pada nomor 2 boleh membuka cabang, Memiliki nama bernuansa Hindu  Nama Pasraman wajib digunakan sebagai nama depan dan nama belakang wajib menggunakan istilah dalam Agama Hindu, Nama Pasraman wajib mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu,Yayasan yang bergerak dibidang pendidikan keagamaan yang sudah ada mengikuti aturan dalam pedoman pendirian Pasraman Non Formal. Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Klungkung mengharapakan melalui pembinaan ini bisa menghasilkan SDM Hindu yang unggul dalam persainganseimbang dalam penugasan konsep Agama dengan keperluannya di masyarakat serta diharapakan agar budaya Pasraman bisa membentengi generasi muda dari degradasi moral, mengingat gempuran globalisasi saat ini dan kedepannya akan semakin hebat menerpa kehidupan manusia terutama generasi muda.

 

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar