Opinion

PRILAKU SMS KWADRAT

177 dilihat

Oleh : Drs. Ahmad Yani
Penyuluh Agama  Islam  Madya Kantor Kemenag Kab. Klungkung

SMS (Short Message Service) alias layanan pesan singkat sangat akrab dikalangan pengguna Ponsel atau HP , tetapi dalam peristilahan ini penulis gunakan  dalam kaitanya dengan prilaku yang sekarang ini sedang melanda ditengah masyarakat sadar atau tidak sadar.  ciri prilaku ini  “jika melihat orang lain berhasil, perasaan ini terkoyak-koyak, Panas membara, tidak senang, dan susah dibuatnya. Sebaliknya, jika orang lain menderita, hati ini rasanya senang, gembira dan berbunga-bunga “ ,  jika ini  dirasakan maka anda terjangkit penyakit SMS Kwadrat alias Senang melihat (orang) susah (SMS), susah melihat (orang) Senang (SMS). Sepintas, penyakit ini tidak begitu berbahaya. Namun jika diteliti secara saksama, penyakit ini sangat berbahaya bagi organ tubuh. Terutama bagi jantung. Bagaimana tidak, setiap melihat orang lain berhasil dalam hidupnya, jantung ini berdebar dengan kencangnya. Bahkan, seperti mau copot. Pokoknya tidak terima dengan segenap prestasi dan setiap keberhasilan atau Kesuksesan tetangga, teman, lebih-lebih dengan para pesaing .
Penyakit ini termasuk penyakit Rohani (penyakit hati ) dikenal dengan nama “Dengki” dimana  dalam berfikir, bersikap, bertindak mencerminkan tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat (Bahagia) tersebut. Kalau ada orang yang mendapat rejeki sedikit lebih saja, sudah membeberkan keburukan dari orang tersebut yang tidak relevan dengan rejeki yang didapat. Atau mencari kesalahan yang sepele bahkan mencari-cari kesalahan. Hal ini mengantarkan  kepada sifat syu’udzan ( buruk sangka/Negatif Thinking ) Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini.
Dokter tidak bisa memberikan resep untuk kesembuhan penyakit ini tetapi ajaran agama memberikan tuntunan atau resep untuk menghindari penyakit ini antara lain :
?    Ridha (Rela) terhadap takdir (ketentuan yang telah ditetapkan dari Tuhan) serta “Ikhlas saja setiap melihat orang lain berhasil dalam hidupnya. Sebab, jika tidak ikhlas, hati kita akan gundah gulana dibuatnya. Selanjutnya, kita akan dilanda rasa susah tanpa sebab-sebab yang jelas. Rasa susah itu akan mengundang berbagai penyakit lanjutan, baik penyakit lahir maupun penyakit batin,” dan Mohon Perlindungan dari Allah SWT (Tuhan Yang Maha Esa) agar terhidar dari Penyakit SMS Kwadrat (Dengki)
?    Menyadari bahwa Allah (Tuhan yang Maha Esa) berhak memberi kemulian, kekayan, keberhasilan, ketenaran , kepada siapa saja yang dikehendakiNya dan itu adalah hak Allah SWT sepernuhnya. Hingga kita bisa menyadari bahwa sesungguhnya orang yang kita dengki itu, memang berhak atas semua itu, karena itu karunia Allah untuknya.  Dalam Al-Qur.an Allah SWT menuntun kepada kita untuk mengatakan (Maksudnya berdo’a): “Wahai Tuhan Yang mempunyai kerajaan, Engkau berikan kerajaan kepada orang yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kerajaan dari orang yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan orang yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan orang yang Engkau kehendaki. Di tangan Engkaulah segala kebajikan. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu.” (QS. Ali ’Imran [3] :26)
?    Jangan pernah membanding-bandingkan kepandaian atau kelebihan yang kita miliki dengan orang lain dan jangan pernah mencari-cari kekurangan orang lain, Rasûlullâh sudah sejak lama mengingatkan tentang konsepsi keduniaan yang ideal. Dalam hal dunia, agar kita senantiasa bersyukur, dengan“memandang ke bawah”. Ketika kita merasa kekurangan, ternyata masih banyak orang lain yang lebih kekurangan. Sementara jika sebaliknya yang kita lakukan, maka sangat berbahaya. Kita menjadi tidak pernah bersyukur, hiduppun selalu diliputi kegelisahan. (Almarhum) KH. Zainuddin MZ, mengingatkan dalam ceramahnya. Mereka yang punya pesawat hendaknya melihat yang punya mobil. Mereka yang punya mobil kepada yang punya motor. Dikaruniai motor, lihatlah yang punya sepeda. Dan seterusnya, hingga mereka yang sakit, tak emb beraktivitas, hendaknya berkaca kepada orang yang meninggal dunia.
?    bersikap rendah hati, tidak merasa lebih dari orang lain. Orang yang rendah hati kalaupun misalnya ia tahu bahwa ia memiliki banyak kelebihan dibanding orang lain ia tidak akan merasa bangga apalagi membanggakan kelebihannya. Setiap kelebihan yang dimilikinya akan dinikmatinya dengan penuh rasa syukur dan terima kasih kepada Allah Yang Maha Pencipta yang telah memberikan kelebihan dan keberuntungan tersebut terhadap dirinya. Begitu pula dengan kekurangan yang ada pada diri, sebaiknya diterima dengan ikhlas, sehingga kekurangan yang ada pada diri, tidak mengakibatkan rendah diri dan menjadi iri hati serta dengkidi saat melihat orang lain memiliki kelebihan yang tidak dimilikinya. Percayalah bahwa dibalik kekurangan pada seseorang pastilah ada pula kelebihan yang dimilikinya. 
?    Sadarlah, bahwa amal kebaikan akan terkuras habis tanpa sadar dan otamatis masuk ke rekening amal orang yang di SMSi (Didengki)  Jadi  Penyakit SMS Kwadrat (Dengki) itu sangat melelahkan, karena setiap kali ia melihat orang yang didengkinya dengan semua kesuksesannya, hati dan persaannya menderita dan hatinya semakin penuh dengan dengki, marah, benci, curiga, kesal, kecewa, resah, dan perasaan-perasaan negatif lainnya. Sungguh sangat tidak enak menjalani kehidupan seperti itu.
Sebaliknya kalau menjumpai atau kita menjadi sasaran SMS Kwadrat (didengkiin)  , maka sikapilah dengan baik dan bijak, serta sadari bahwa rasa iri, Dengki (SMS Kwadrat ) sesorang kepada kita sebenarnya  bentuk pengakuan  akan diri  dan eksistensi kita , hanya bentuknya beda. Hadapi dengan sabar dan doakan, , Jangan balas kedengkiannya (SMS Kwadrat) dengan kedengkian pula, karena itu membuat kita tidak ada bedanya dengan dia, tapi balaslah kedengkiannya dengan doa dan kebaikan.
Mari kita Hindari penyakit paling membahayakan ini , Jauhi  SMS Kwadrat (Dengki)  tersebut dalam kehidupan kita sehari -hari, hidup ini hanyalah sementara. masalah kesenangan, kesusahan maupun kemudahan itu merupakan Ujian dan telah diatur oleh Tuhan Yang Maha Esa ( Allah SWT).  tak ada alasan untuk kita merasa susah melihat orang yang senang dan senang melihat orang susah. Syukurilah apa yang telah didapat.
Semarapura, 30 Januari 2016


BIODATA  PENULIS

A. Data Diri
1    Nama Lengkap    Drs. Ahmad Yani
2    Tempat dan tanggal lahir    Klungkung, 23 Juli 1965
3    NIP    19650723 199503 1 001
4    Agama    Islam
5    Pekerjaan    PNS
6    Pangkat/Golongan    Pembina, IV/a
7    Jabatan    Penyuluh Agama Madya
8    Unit Kerja    Kantor Kementerian Agama Kab. Klungkung
9    Alamat  Kantor    Jl. Gajah Mada No: 72 Telp.(0366) 21198 Semarapura-Klungkung-Bali
10    Alamat Tempat Tinggal    Jl. Diponegoro Gg. Masjid Al-Hikmah Kp. Lebah Semarapura-Klungkung-Bali
11    No. Telp./HP/Contac Person    081558081115
12    Hobby    Membaca, Traveling, Jogging
B. Data Keluarga
1.     Nama Istri    Nurul Ma’wa
2.    Nama Anak    ?    Arif Handika Yani
        ?    Arman Harisma Yani
C. Jenjang Pendidikan yang pernah di Capai
Formal
1    SD. Islam Klungkung-Bali    Tahun 1979 (Berijazah)
2    SMP.Hasanudin Klungkung-Bali    Tahun 1982 (Berijazah)
3    SMA  Negeri  Klungkung-Bali    Tahun 1985 (Berijazah)
4    S1 Ushuludin/PA UMS-Surakarta-Jateng    Tahun 1993 (Berijazah)
Non Formal/Diklat
1    Diklat Prajab di Denpasar    2 Bulan
2    Diklat Adum di Denpasar    2 Bulan
3    Diklat Penyuluh Multi Agama Tk.Dasar Di Denpasar    10 Hari
4    Diklat barang dan jasa di Denpasar    10 hari
D. Pengalaman Jabatan
1    Staf KUA Kec. Banjar    Di Kab. Buleleng      (1995-1996)
2    Staf KUA Kec. Seririt    Di Kab. Buleleng      (1996-1997)
3    Kepala KUA Kec. Nusa Penida    Di Kab. Klungkung  (1997-2003)
4    Kepala KUA Kec. Klungkung    Di Kab. Klungkung  (2003-2007)
5    Peny. Zakat Dan Wakaf Kab.Klungkung    Di Kab. Klungkung  (2007-2011)
6    Penyuluh Agama Ahli Muda    Di Kab. Klungkung  (2011-2013)
7    Penyuluh Agama Madya    Di Kab. Klungkung  (2013-Sampai Sekarang)


PENULIS
Drs. Ahmad Yani

CONTAC  PERSON :
HP. 081558081115