Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Pasraman Kilat Bidang Pendidikan Agama Hindu Kanwil Kemenag Prov.Bali di Kabupaten Badung

Pasraman Kilat Bidang Pendidikan Agama Hindu Kanwil Kemenag Prov.Bali di Kabupaten Badung
Minggu, 8 September 2019, Dilaksanakannnya Kegiatan Penguatan Praktek Keagamaan dengan tema " Melalui Penguatan Praktek Keagamaan Kita Tingkatkan Daya Saing Siswa Hindu Guna Mewujudkan Peserta Didik Yang Cerdas, Kreatif, Mandiri, Dan Berakhlak Mulia ". Kegiatan dibuka dengan pemberian sambutan sekaligus membuka secara langsung Kegiatan Pasraman Kilat ini oleh Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu Provinsi Bali, Drs. Ida Bagus Mastika, M.Fil.H dengan didampingi oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab.Badung dan Kepala Seksi Bidang Pendidikan Agama Hindu Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali. Kegiatan ini diselenggarakan pada Pasraman Agung Tirta Dewata Gangga Taman Beji Bali, Kabupaten Badung, Yang dimana merupakan pasraman Hindu yang mendidik anak-anak siswa dan siswi dari tingkat Sekolah Dasar sampai dengan tingkat Sekolah Menengah Atas yang berjumlah sekitar 30 orang.

Dalam sambutannya, Kepala Bidang Pendidikan Agama Hindu Kanwil Kemenag Prov.Bali, Drs. Ida Bagus Mastika, M.Fil.Hemberikan pengarahan kepada pengurus pasraman dan anak-anak didik pasraman agar senantiasa melaksanakan ajaran dharma di dalam melakukan aktifitias sehari hari. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mewujudkan anak-anak siswa siswi peserta didik yang cerdas, kreatif, mandiri dan berakhlak mulia. Beliau pun mengingatkan bahwa di dalam menjalankan kehidupan sehari hari harus berpedoman pada sastra weda dan ajaran agama hindu serta melaksanakan praktek-praktek keagamaan seperti halnya melaksanakan upacara yadnya keagamaan dan upakara agama hindu yang tidak lepas dari Ajaran Agama Hindu itu sendiri. Sehingga dengan ini semua dapat menciptakan kehidupan yang seimbang antara hubungan kita manusia dengan Tuhan, manusia dengan Alam dan manusia dengan sesamanya, sehingga menciptakan Kehidupan yang harmonis dan sejahtera lahir dan bathin. Disinilah peran Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali di dalam melaksanakan kegiatan pasraman kilat yang merupakan salah satu kegiatan Peningkatan Mutu Pendidikan Agama hindu dengan kegiatan menguatkan praktek - praktek Keagamaan yang tetap berdasarkan atas ajaran agama hindu dan tidak melanggar norma-norma yang ada di dalam kehidupan bermasyarakat.

Pada akhir acara, Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi dan pelaksanaan praktek keagamaan yang di ajarkan langsung oleh Penyuluh Agama Hindu Kab.Badung, I Gusti Agung Istri Parwati, S.Sos., M.Fil.H. Praktek Keagamaan dilaksanakan dengan pembuatan dan pemahaman tentang banten sehari hari dengan salah satu prakteknya adalah dibagi 2 kelompok. Siswa yang laki laki membuat melilit sate, tipat nasi, canang dan kwangen, siswa yang perempuan membuat mejaitan pejati dan ayaban tumpang pitu. Dengan Diadakannya praktek keagamaan ini diharapkan para siswa siswi Pasraman Agung Tirta Dewata Gangga Taman Beji Bali dapat meningkatkan ilmu dan pengetahuannya terhadap ajaran agama hindu dan mampu untuk mengimplementasikannya pada kehidupan sehari hari di dalam hidup bermasyarakat.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar