Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Jaga Kerukunan Kanwil Kemenag Provinsi Bali Gelar Aksi Kebersihan di Puja Mandala

Jaga Kerukunan Kanwil Kemenag Provinsi Bali Gelar Aksi Kebersihan di Puja Mandala Foto by Sania

(Inmas Bali) Semangat kerukunan menjadi landasan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali menggelar kegiatan Peduli Kebersihan Tempat Ibadah. Bertempat di Pusat Peribadatan Puja Mandala Nusa Dua Bali, Jum’at, 20 Desember 2019 seluruh ASN Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali melakukan kegiatan bersih-bersih yang merupakan rangkaian dari peringatan Hari Amal Bakti (HAB) ke 74 Kementerian Agama. Sebagai ASN Kementerian Agama harus mampu memberikan contoh bagaimana hidup beragama yang sesungguhnya.
I Nyoman Lastra selaku Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali menyampaikan bahwa sebagai orang Kementerian Agama kita harus mampu menjadi contoh dalam menjaga kerukunan hidup umat beragama. Lebih lanjut Nyoman Lastra juga menyampaikan bahwa kawasan tempat ibadah Puja Mandala ini memang telah terawat dengan baik tetapi kita juga perlu menjaga kebersihan lingkungan sekitarnya. Sehingga aksi kebersihan ini tidak hanya pada tempat ibadahnya semata tetapi Kawasan disekitarnya juga.
Kawasan Puja Mandala ini telah menjadi primadona tersendiri bagi wisatawan. Adanya lima tempat ibadah dalam satu lokasi yang mampu beriringan dalam melaksanakan ibadah ini menjadi ikon tersendiri dari kerukunan hidup umat beragama di Bali. “Puja Mandala ini merupakan tempat ibadah yang memiliki lima kamar yaitu Islam, Hindu, Kristen, Buddha, dan Katolik” ujar H Sholeh yang merupakan pengurus dari Masjid Ibnu Batuta. Lebih lanjut H Sholeh juga menyampaikan bahwa meskipun Bali mengalami berbagai macam konflik kerukunan namun, mereka selaku pengurus tempat ibadah di Puja Mandala telah berkomitmen bahwa adanya musibah kerukunan itu bukan karena agamanya tetapi karena murni tindakan kriminal dan teror yang hanya akan merusak kerukunan hidup yang telah terjaga selama ini.
Hidup rukun di Bali itu benar adanya terlihat dalam kegiatan ini, dimana seluruh ASN apapun agamanya melakukan berakan kebersihan di seluruh tempat ibadah dan lingkungan sekitarnya, sementara itu pihak GKPB Jemaat Bukit Doa yang merupakan gereja protestasi di Puja Mandala tersebut menyediakan minuman serta makanan ringan. Tindakan sederhana ini merupakan bukti nyata bagaimana kita masyarakat di Bali telah mampu hidup rukun yang sesungguhnya(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar