Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Lomba Busana Adat Kerja, Wujud Nyata Bentuk Toleransi Beragama

Lomba Busana Adat Kerja, Wujud Nyata Bentuk Toleransi Beragama Foto by Cok Agung

(Inmas Bali) Puncak rangkaian peringatan Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ditandai dengan digelarnya jalan sehat kerukunan yang dipusatkan di Lapangan Niti Mandala Renon Denpasar Minggu, 5 Januari 2020. Selain jalan sehat, digelar juga lomba busana adat kerja yang diikuti oleh perwakilan dari seluruh Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se-Bali.

Peraturan Gubernur Bali Nomor 79 Tahun 2018 menjadi dasar diberlakukannya aturan mengenakan pakaian adat khas Bali yang dikenakan setiap hari Kamis. Kementerian Agama Provinsi Bali pun mengikuti aturan tersebut tapi tentu saja dengan beberapa kebijakan yang disesuaikan antara lain memberi kebebasan bagi agama selain Hindu untuk menyesuaikan ataupun mengenakan pakaian adat khas daerah asal pegawi masing-masing. Hal ini justru semakin menonjolkan bagaimana bentuk toleransi dan kebersamaan yang senantiasa ditunjukkan oleh Kementerian Agama Provinsi Bali.

Usai jalan sehat kerukunan diumumkan hasil beberapa lomba yang digelar dalam rangka memperingati HAB ke 74 yaitu lomba penilaian pelayanan terpadu satu pintu (PTSP) di masing-masing Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Bali dan Madrasah, kegiatan penataan kebersihan lingkungan kantor, lomba peluncuran video pendek zona integritas, lomba drama pendek SPAK, hingga lomba peragaan busana adat ke kantor.

Juara pertama lomba PTSP diraih oleh Kantor Kemenag Kab. Badung, jaura kedua kantor Kemenag Kab. Gianyar, dan juara ketiga Kantor Kemenag Kab. Jembrana. Sementara itu Kantor Kemenag Kota Denpasar dan Kab. Karangasem diberikan penghargaan sebagai PTSP terinspiratif. Untuk lomba kebersihan lingkungan kantor juara pertama diraih oleh Kantor Kemenag Kab. Bangli, juara kedua Kantor Kemenag Kab. Klungkung, dan juara ketiga Kantor Kemenag Kab. Karangasem. Kemudian untuk lomba video pendek Zona Integritas juara pertama diraih oleh Kantor Kemenag Kab. Badung, juara kedua Kantor Kemenag Kab. Gianyar, dan juara ketiga Kantor Kemenag Kab. Tabanan sementara Kantor Kemenag Kab. Buleleng berhasil meraih penghargaan sebagai juara terfavorit. Lomba drama pendek SPAK juara pertama diraih Dharma Wanita  Kantor Kemenag Kab. Klungkung, juara kedua Dharma Wanita  Kantor Kemenag Kab. Buleleng, dan juara ketiga Dharma Wanita  Kantor Kemenag Kota Denpasar.

Sementara itu perlombaan peragaan busana adat kerja terbagi dalam dua kategori yaitu untuk umat Hindu dan Islam digelar usai jalan sehat kerukunan dan Zumba bersama. Hujan pun tidak melunturkan semangat peserta lomba yang memberikan penampilan terbaiknya meskipun terkendala cuaca. Keluar sebagai juara satu untuk lomba busana adat kerja Hindu yaitu Kantor Kemenag Kab. Badung, juara kedua Kantor Kemenag Kab. Gianyar dan juara ketiga Kantor Kemenag Kota Denpasar. Untuk  lomba busana adat kerja Islam juara pertama diraih Kantor Kemenag Kab.Klungkung, juara kedua Kantor Kemenag Kab. Tabanan, dan juara ketiga Kantor Kemenag Kab. Gianyar.

Selain penyerahan hadiah lomba lomba diserahkan juga pembagian hasil doorprise undian kupon jalan sehat kerukunan yang memperebutkan puluhan hadiah hiburan yang menarik.(sn)


Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar