Pengumuman Baru
  • 15:00 WITA *Lima Nilai Budaya Kerja Kementerian Agama RI : Integritas, Profesionalitas, Inovasi, Tangungjawab, Keteladanan*
  • 15:00 WITA *Selamat Hari Raya Suci Nyepi Tahun Caka 1941*

Kanwil Bali Minta BPS-BIPIH Jemput Bola Layani Jemaah

Kanwil Bali Minta BPS-BIPIH Jemput Bola Layani Jemaah Kanwil Bali Minta BPS-BIPIH Jemput Bola Layani Jemaah

Bidang PHU : Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bali meminta Bank Penerima Setoran Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPS-BIPIH) untuk proaktif dan jemput bola dalam memberikan pelayanan kepada jemaah haji. Hal tersebut dikarenakan tidak semua BPS-BIPIH memiliki kantor cabang atau kantor layanan syariah pada seluruh Kabupaten di Provinsi Bali.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bali, Kusnul Hadi, di ruang kerjanya Senin (13/01/2020). Hal tersebut menanggapi beberapa keluhan jemaah terkait persiapan pelunasan BIPIH yang setoran awalnya dilakukan di bank konvensional dan pelunasan akan dilakukan di bank syariah. "Padahal tidak semua kabupaten ada bank syariahnya atau layanan syariahnya," ujarnya.

 

Menurut Kabid PHU, ada tiga hal yang dapat dilakukan jemaah terkait ketiadaan bank syariah pada daerahnya. Pertama, pelunasan dapat dilakukan di bank konvensional dengan catatan ada layanan syariahnya. Kedua, memanfaatkan pelunasan dengan metode non-tunai atau non-teller. Dan ketiga, dapat melakukan pelunasan di BPS-BIPIH Syariah terdekat. "Misalkan di Denpasar. Namun solusi itu menyulitkan jemaah sendiri karena letak geografis yang cukup jauh," tandas Kusnul Hadi.

 

Untuk mengatasi problem geografis, Kusnul Hadi meminta BPS-BIPIH untuk proaktif, merencanakan jemput bola dalam pelayanan jemaah haji, baik melalui pelayanan mobile branch ataupun layanan keliling oleh petugas perbankan, baik saat pendaftaran maupun pelunasan. "Kalau perlu ada agenda yang rutin dari BPS-BIPIH dengan mobile branch-nya, kapan pelayanan di Jembrana, kapan di Buleleng dan kapan di Karangasem. Intinya bagaimana mendekatkan pelayanan perbankan dengan jemaah," tambahnya.

 

Sementara itu, Denny Satria Irawan, Pimpinan BRI Syariah Cabang Denpasar, ditemui saat pelayanan mobile branch BRI Syariah di Kantor Kemenag Jembrana, Senin (13/01/2020), menyatakan bersedia untuk memberikan pelayanan di setiap Kabupaten. "Kebijakan dari pimpinan kami memang tidak membuka kantor cabang syariah di setiap kabupaten Provinsi Bali karena pelayanan sudah bisa dilayani pada seluruh cabang ataupun unit. Namun kami siap datang memberikan pelayanan seperti yang kami lakukan di Jembrana ini," jelasnya.

 

BRI Syariah memberikan layanan pembukaan rekening tabungan haji bagi jemaah Jembrana sebagai persiapan pelunasan BIPIH tahun 2020. Hal tersebut sebagai konsekuensi kebijakan pusat untuk mutasi rekening dari bank konvensional ke bank syariah. "Jemaah Jembrana yang setoran awalnya di BRI konven, kami buatkan rekening di BRI Syariah untuk persiapan pelunasan. Mendatang kami siap berkomunikasi dengan PHU Kabupaten lainnya untuk layanan serupa," tegas Denny.

Login

Selamat Datang! Masuk ke akun Anda

Masuk dengan akun Google

Tidak punya akun? Daftar

Lupa kata kunci

Daftar